Satu Pekan Tambah 10 Kasus Positif Covid-19 di Wonogiri
Ilustrasi virus corona pemicu Covid-19. (Antara-Dok.)

Solopos.com,WONIGIRI -- Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Wonogiri bertambah sepuluh orang dalam satu pekan. Hampir semua pasien itu dirawat di rumah sakit.

Hingga Jumat (18/9/2020), jumlah kasus Covid-19 di Wonogiri mencapai 214 orang dengan kasus aktif sebanyak 13 orang.

Perinciannya, 12 orang dirawat di rumah sakit, satu orang menjalani isolasi mandiri, delapan orang meninggal, sisanya dinyatakan sembuh. Pada Jumat, terdapat satu penambahan kasus Covid-19 di Wonogiri.

Duh, Penutup Saluran Air Underpass Makamhaji Sukoharjo Kerap Hilang Dicuri

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo (Jekek), mengatakan sebagian besar warga yang terpapar Covid-19 dirawat di rumah sakit karena mempunyai penyakit penyerta atau komorbid.

"Saat pasien dinyatakan positif dan yang berangkutan mempunyai penyakit komorbid maka harus dirawa di rumah sakit. Sedangkan yang tidak mempunyai penyakit penyerta bisa menjalani isolasi mandiri," kata dia kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (18/9/2020).

Jekek menegaskan belasan warga yang terpapar Covid-19 tersebut tidak hanya dirawat di RSUD Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Sebagian dari mereka dirawat di rumah sakit di luar daerah, seperti Solo dan Sukoharjo.

Tokoh Ini Usulkan Solo Menjadi Daerah Otonomi Khusus

Kasus warga terpapar di luar Wonogiri tapi dicatat di Satgas Wonogiri, menurut dia, sudah sering terjadi saat awal pandemi Covid-19.

Warga Wonogiri yang merantau dan sudah menetap di perantauan terpapar Covid-19, tetapi nomor induk kependudukannya masih tercatat Wonogiri, maka kasusnya dicatat di Satgas Wonogiri.

"Di antara belasan pasien aktif saat ini kasusnya seperti itu. Menetap di perantauan terpapar Covid, notifikasi pencatatan masuk ke kami," ungka dia.

Mencatat Berdasarkan NIK

Jekek mengatakan ada satu tambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Wonogiri. Saat ini pasien tengah dirawat di Sukoharjo.

Ia menegaskan semua data Covid-19 yang dipaparkan satgas tidak semua penularannya terjadi di Wonogiri. Satgas Wonogiri hanya bertugas mencatat berdasarkan NIK.

"Saat ini Wonogiri masuk zona kuning dengan potensi penularannya rendah. Kami berharap dalam waktu dekat tidak ada penambahan kasus lagi. Sehingga Wonogiri bisa masuk zona hijau," kata Jekek.

Pilkada Solo: Bajo Ancam Pidanakan Penyebar Isu Calon Boneka

Selain kasus terkonfirmasi, hingga saat ini ada 95 kasus suspek. Dengan rincian tiga orang dirawat, 14 orang meninggal, sisanya dinyatakan sembuh.

Sedangkan pasien kontak erat sebanyak 950 orang, tiga orang dalam pemantauan, sisanya telah selesai pemantauan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom