Tutup Iklan

Satu Lagi Layanan Google Cabut dari Indonesia

Saat diluncurkan, Google Station ditujukan untuk menjembatani masyarakat yang tidak bisa menikmati koneksi internet yang baik.

Satu Lagi Layanan Google Cabut dari Indonesia

SOLOPOS.COM - Ilustrasi logo Google pada Iphone. (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA – Layanan Google Station yang diperkenalkan pada Agustus 2017 di Indonesia akhirnya resmi dihentikan. Google menyebut preferensi penggunaan Internet di Indonesia telah berubah.

Google memperkenalkan layanan WiFi gratis bernama Google Station pada Agustus 2017 di Indonesia. Saat diluncurkan, Google Station ditujukan untuk menjembatani masyarakat yang tidak bisa menikmati koneksi internet yang baik.

Pria Ini Ungkap Kelemahan Google Maps, Apa Itu?

Melalui program tersebut, Google bermitra dengan perusahaan telekomunikasi dan Internet Service Provider (ISP) untuk menyediakan akses WiFi yang cepat dan gratis di berbagai ruang publik.

Tetapi, Google akan mengakhiri layanan tersebut di Indonesia secara bertahap pada tahun 2020. Itu dilakukan setelah mempertimbangkan perubahan penggunaan jaringan internet di Indonesia saat ini dibandingkan dengan tiga tahun yang lalu saat Google Station diperkenalkan.

Google dan Facebook Bisa Ditipu, Pria Ini Raup Rp1,67 Triliun

“Google melihat adanya perubahan teknologi, jaringan 4G sekarang sudah lebih banyak dan harga internet sekarang sudah semakin terjangkau di Indonesia, jadi sekarang kami mau transisi tahun ini. Beberapa bulan ke depan, kami akan bekerja sama dengan para partner dalam masa transisi ini,” ucap Jason Tedjasukmana, Head of Corporate Communications Google Indonesia, saat ditemui di acara Grow with Google di Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Menurut laman resmi Google mengenai Google Station, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pun melaporkan bahwa sebanyak 171 juta orang atau 64,8 persen dari total populasi Indonesia sudah terhubung ke internet di tahun 2018, meningkat dari 54,86 persen yang tercatat pada 2017.

Street View Google Maps Banda Aceh Nonaktif, Foto Bule Telanjang Gaib

Perubahan ini membuat Google sulit untuk terus menskalakan program Google Station dan meneruskannya secara berkelanjutan. Menurut Jason, tidak hanya di Indonesia namun layanan Google Station yang ada di seluruh dunia pun akan diakhiri secara bertahap.

Sebelumnya, Google Station diperkenalkan pertama kali di India pada 2018. Di India, Google menggandeng perusahaan lokal yakni RailTel dan Indian Railways untuk memasang koneksi WiFi di sekitar 200 stasiun kereta. Lewat proyek ini Google telah memperkenalkan internet ke 15.000 penduduk India untuk pertama kalinya.

Jejak Sampah Ring Road Solo di Google Street View, Menumpuk Sejak 2018

Namun menurut Tech Crunch, Google pun akan mengakhiri layanan WiFi gratis ini di India. Penyebabnya juga serupa, karena harga data seluler menjadi semakin murah sehingga Google Station tidak lagi diperlukan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Jaga Kota Solo Aman, Ormas dan Polisi Harus Lakukan Ini

Kondisi keamanan dan ketertiban Kota Solo merupakan barometer keamanan dan ketertiban skala Nasional. Oleh karenanya rasa persatuan dan kesatuan harus selalu terjaga.

Positif Covid-19, Tujuh Anggota TNI Jalani Karantina Di Benteng Vastenburg Solo

Tujuh anggota TNI positif Covid-19 saat hendak menjalankan tugas TMMD dan saat ini menjalani karantina di Benteng Vastenburg Solo.

4 Warga Meninggal Kena Covid-19, 1 Gang di Kota Mojokerto Lockdown

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, mengatakan saat ini tracing diperluas ke Sidomulyo gang 3.

Gas! Rute ke Gunung Telomoyo Magelang Pacu Adrenalin

Pengunjung yang akan ke puncak Gunung Telomoyo Magelang harus mempunyai kemampuan bersepeda motor yang baik agar sampai tujuan.

Duh! Gara-Gara Postingan Di Medsos, 6 Orang Rusak 2 Rumah Dan Aniaya Warga Mojogedang Karanganyar

Enam orang ditangkap polisi karena nekat rusak rumah warga Mojogedang, Karanganyar, gara-gara tersinggung dengan postingan di media sosial.

Prediksi Italia Vs Swiss: Misi Amankan Tiket 16 Besar

Timnas Italia berpotensi menjadi tim pertama yang menyegel tiket ke fase gugur Euro 2020 tapi harus menumbangkan Swiss dalam laga kedua Grup B.

Selamat, Warga Gemolong Sragen Dapat Grandprize Mobil dari BRI

Nasabah BRI Unit Gemolong II, Sragen, Wahyuningsih, mendapat hadiah mobil Suzuki All New Ertiga dalam Panen Hadiah Simpedes Semester II 2020.

Cegah Covid-19, Yuk Bikin Hand Sanitizer dari Ekstrak Daun Mangga

Tim pengabdian Riset Grup Plasma Science and Technology FMIPA UNS menggelar pelatihan pembuatan hand sanitizer berbahan alami cegah Covid-19.

1 Lagi Pasien Covid-19 Dari Klaster Masjid Paulan Karanganyar Meninggal

Jumlah kasus positif Covid-19 yang meninggal dari klaster masjid di Paulan, Colomadu, Karanganyar, bertambah satu orang.

Kasus Covid-19 Melonjak, PLN Jaga Keandalan Listrik Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan

PLN berupaya memastikan keandalan pasokan listrik, khususnya untuk tempat-tempat vital penanganan pasien Covid-19.

37 Adegan Ungkap Fakta-Fakta Pembunuhan Wanita di Waduk Kembangan Sragen

Tersangka pembunuhan wanita di Waduk Kembangan, Karangmalang, Sragen, memeragakan 37 adegan pada rekonstruksi yang digelar Polres.

Rumah Sakit Kritis di Tengah Kasus Aktif Tertinggi

Sejumlah rumah sakit di Klaten akan menambah tempat tidur menyusul kondisinya yang mulai kritis, Kasus aktif Covid saat ini menjadi yang tertinggi sejak pandemi.