SOLOPOS.COM - Polsek Eromoko mengevakuasi korban pemasungan (kedua dari kanan) menuju RSUD Wonogiri, Kamis (19/10/2017). (Istimewa/Humas Polres Wonogiri)

Polisi Wonogiri kembali mengevakuasi satu korban pasung asal Eromoko.

Solopos.com, WONOGIRI — Aparat Polsek Eromoko Wonogiri mengevakuasi seorang korban pasung asal Sindukerto, Eromoko, Kamis (19/10/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pria bernama Sriyanto, 35, itu merupakan difabel tuna rungu yang kerap mengamuk sehingga dipasung oleh keluarganya. Sriyanto langsung dibawa ke RSUD Wonogiri untuk mendapatkan perawatan. (Baca: Polisi Bersama Dinsos Wonogiri Jemput Pria Gangguan Jiwa yang Bertahun-Tahun Dikerangkeng)

Belakangan ini Polres Wonogiri memang gencar melacak dan mengevakuasi korban pasung di Wonogiri. Jumat (13/10/2017) lalu, Polsek Selogiri juga mengevakuasi seorang pria pengidap gangguan jiwa, Supriyanto, asal Jaten, Selogiri, yang sudah bertahun-tahun dikerangkeng.

Sementara itu, Dinas Sosial (Dinsos) Wonogiri mendetekasi ada 34 orang yang dipasung di Wonogiri sepanjang tahun ini. Sebagian besar merupakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan sempat diikutkan program Jawa Tengah Bebas Pasung pada 2014-2015 lalu.

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Dinsos Wonogiri, Noer Noegrohowati, mengungkapkan tahun ini ODGJ di Wonogiri terdata ada 712 orang. Dari jumlah itu, ada 34 orang yang dipasung.

“Mereka merupakan orang yang sudah ditangani pada 2014 lalu saat ada program bebas pasung. Saat itu, ada 44 orang yang ditangani kemudian diikutkan program bebas pasung,” ungkap Noer kapada Solopos.com di kantornya, Jumat (20/10/2017).

Dia menambahkan selama ini masyarakat memberikan stigma negatif terhadap ODGJ dan keluarganya. Bahkan, keluarga korban pemasungan beranggapan pemasungan merupakan langkah paling bijak daripada langkah lain.

Dia mengimbau masyarakat tidak memandang negatif ODGJ dan keluarganya. Menurutnya pemasungan di Wonogiri dilatarbelakangi beberapa hal, antara lain agresivitas ODGJ, faktor ekonomi keluarga, dan stigma di lingkungan sekitar.

ODGJ masih bisa disembuhkan dengan pengobatan rutin. Namun tidak semua puskesmas menyediakan obat tersebut.

“Obat tersebut juga harus diminum, padahal biasanya ODGJ itu sulit sekali diminta minum obat,” imbuhnya.

Dokter spesialis jiwa RSUD dr. Soediran Mangun Sumarso Wonogiri, Romy Novrizal, mengatakan penyembuhan ODGJ, khususnya pasien dengan tingkat agresivitas tinggi, membutuhkan waktu yang cukup lama dengan terapi dan konsumsi obat-obatan tertentu.

“Untuk membuat agar tidak marah-marah dan lebih tenang, setidaknya butuh waktu sebulan itu juga harus diimbangi dengan minum obat penenang,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya