Kategori: Kota Jogja

Satu Juta Lebih Wisatawan Kunjungi Taman Pintar


Solopos.com/Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja

Angka kunjungan mencapai hingga belasan ribu orang per hari.

Solopos.com, JOGJA--Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taman Pintar selama tahun ini lebih dari angka satu juta. Diperkirakan sampai 2 Januari nanti jumlah wisatawan di wahana wisata edukasi dan sain tersebut lebih dari 1,02 juta orang.

"Angka kunjungan harian selama libur sekitar 8.000-9.000 orang, bahkan pernah sampai 12.000 per hari," kata Kepala Bidang Pengelolaan Taman Pintar, Dinas Pariwisata Kota Jogja, Afia Rosdiana, di Taman Pintar, Jumat (29/12/2017).

Khusus untuk pengunjung yang mendapat tiket urutan ke satu juta mendapatkan suvenir khusus dari Pengelola Taman Pintar. Suvenir berupa televisi 14 inci itu didapatkan oleh Paul Randy, wisatawan asal Surabaya, Jawa Timur, sekitar pukul 13.15 WIB.

Suvenir diserahkan langsung oleh Wakil Wali Kota Heroe Poerwadi dan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Yunianto Dwi Sutono, kemarin. Afia mengatakan jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Pintar tidak jauh berbeda dengan tahun lalu sekitar 1,02 juta, "Tahun ini mungkin bisa lebih sedikit," kata dia.

Wahan yang paling banyak dikunjungi di Taman Pintar adalah Zona Fisika dan Zona Indonesiaku. Namun untuk wahana alat peraga di area playground lebih banyak di Zona Dinding Berdendang, dan Wahana Air. Selain itu, Jelajah Eifel, kata Afia, juga cukup banyak dikunjungi, zona tersebut menawarkan spot foto dengan desain menara seperti aslinya. Selain itu, pengunjung juga dapat informasi konstruksi dan sejarah pembangunan Eifel.

Heroe Poerwadi mengatakan Taman Pintar masih menjadi destinasi wisata menarik bagi wisatawan, terutama wisata keluarga dan pelajar. Menurut dia, Taman Pintar seharusnya dimungkinkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Namun, Heroe juga menyadari daya dukung Taman Pintar masih kurang untuk menggaet lebih banyak wisatawan.

Salah satunya adalah keterbatasan lahan parkir, "Lokasi parkir Taman Pintar selama ini masih menggunakan TKP Senopati," kata Heroe.

Saat ini pihaknya tengah mengupayakan pembangunan Taman Pintar II di wilayah Jogja bagian selatan. Berbeda dengan Taman Pintar I, Taman Pintar II konsepnya terbuka. Master plan pembangun Taman Pintar II dengan nama sains park itu sudah diusulkan ke Pemerintah Pusat untuk mendapat bantuan karena jumlah dana yang dibutuhkan cukup besar. Harapannya pembangunan Taman Pintar II segera terwujud, paling lambat pada 2021 mendatang.

Share
Dipublikasikan oleh
Bhekti Suryani