SOLOPOS.COM - Sosialisasi pendaftaran pasangan calon perseorangan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sukoharjo di Hotel Brothers Solo Baru, Selasa (7/5/2024). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO-Satu pasangan bakal calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup) jalur perseorangan atau independen sudah menyampaikan surat mandat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo. Pendaftaran bakal cabup-cawabup jalur perseorangan dibuka mulai 8-12 Mei.

Hal ini diungkapkan Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Sukoharjo, Bambang Muryanto, di sela-sela kegiatan sosialisasi pendaftaran pasangan calon perseorangan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sukoharjo di Hotel Brothers Solo Baru, Selasa (7/5/2024). Kegiatan itu dihadiri jajaran komisioner KPU Sukoharjo, anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sukoharjo, Bagian Pemerintahan Setda Sukoharjo, dan perwakilan partai politik (parpol).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Sudah ada satu bakal calon perseorangan yang telah menyampaikan surat mandat ke KPU Sukoharjo. Mereka juga minta pembuatan akun untuk menginput data dukungan masyarakat ke aplikasi sistem informasi pencalonan [Silon]. Jika telah mengambil surat mandat bakal mendapat username dan password untuk membuka aplikasi Silon,” kata Bambang.

Dukungan masyarakat yang diinput ke aplikasi Silon berupa softcopy fotokopi kartu tanda penduduk (KTP).  Bakal calon independen wajib menyerahkan dukungan masyarakat minimal 50.894 orang yang tersebar minimal di tujuh kecamatan di Kabupaten Sukoharjo. Dukungan masyarakat itu berupa surat pernyataan dukungan atau formulir B.1-KWK yang dilampiri fotokopi KTP.

Dokumen administrasi bakal calon independen dalam bentuk fisik diserahkan ke KPU Sukoharjo pada 8-12 Mei. “Pendaftaran dan penyerahan dokumen administrasi dilayani sesuai jam kerja. Namun khusus di hari terakhir dilayani hingga pukul 23.59 WIB,” ujar dia.

Selanjutnya, petugas KPU bakal melakukan verifikasi administrasi mulai 13-29 Mei. Sementara, verifikasi faktual dengan mendatangi rumah penduduk yang memberikan dukungan kepada calon independen dilakukan pada Juni.

“Proses verifikasi faktual membutuhkan waktu cukup lama untuk meneliti dan mencocokkan dukungan masyarakat kepada calon independen,” papar dia.

Sejauh ini, ada satu pasangan calon perseorangan yang berniat maju dalam konstestasi Pilkada Sukoharjo 2024, yakni bakal cabup-cawabup Tuntas Subagyo-Jayendra Dewa. Tuntas merupakan pendiri Ormas Tikus Pithi Hanata Baris (TPHB). Sedangkan, Jayendra Dewa merupakan tokoh masyarakat sekaligus akademisi.

Saat berbincang dengan Solopos.com, belum lama ini, Tuntas mengatakan tim pemenangan telah mengumpulkan sekitar 75.000 fotokopi KTP yang tersebar di 12 kecamatan. “Data dukungan masyarakat sudah siap. Verifikasi administrasi dan verifikasi faktual data dukungan masyarakat semuanya sudah siap. Tinggal menentukan hari untuk mendaftar ke KPU Sukoharjo,” ujar Tuntas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya