Tutup Iklan

Satpol PP Solo Selidiki Kafe Viral Gelar Nonbar Liga 2, bakal Ditutup?

Satpol PP Solo menyelidiki informasi yang viral mengenai acara nonbar pertandingan sepak bola Liga 2 di kafe/restoran.

 Ilustrasi nonton bareng pertandingan sepak bola. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi nonton bareng pertandingan sepak bola. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com, SOLO — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Solo tak akan segan-segan menutup kafe maupun restoran yang nekat menggelar nonton bareng atau nonbar sepak bola pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Kerumunan lebih dari lima orang jelas dilarang sesuai Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo yang terbit pada awal pekan lalu. Di samping itu, konsumen hanya diperbolehkan makan di tempat selama maksimal 60 menit.

Hal itu disampaikan Kepala Satpol PP Kota Solo, Arif Darmawan, menanggapi viralnya acara nobar di salah satu kafe saat pertandingan Liga 2 Grup C antara Persis Solo melawan Putra Safin Group (PSG) Pati atau AHHA PS Pati FC, Minggu (26/9/2021).

Baca Juga: Bangga Produk UMKM Solo Masuk Uniqlo, Gibran sampai Live Instagram

Pendukung kedua tim maupun masyarakat umum sudah dilarang menonton langsung ke stadion. Namun, larangan datang ke stadion, bukan berarti mengizinkan mereka nonbar pertandingan Liga 2 di tempat umum Solo.

“Ya, aturannya jelas, kerumunan lebih dari lima orang tidak diizinkan. Kami boleh langsung membubarkan. Sementara ini kami belum mendapatkan laporan dari warga, kecuali informasi dari awak media atau media sosial,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Selasa (28/9/2021).

Panggil Pengelola

Arif mengatakan akan menelusuri video acara nonbar sepak bola Liga 2 di Solo yang viral tersebut. Apabila kafe tempat berlangsungnya nonbar itu diketahui, Satpol PP akan langsung memanggil pengelola.

Baca Juga: Puluhan Mahasiswa Jateng Belajar Literasi Berita Bareng AMSI

Petugas bakal diterjunkan untuk bersiaga pada pertandingan-pertandingan berikutnya. Warga diminta proaktif apabila menemukan kejadian serupa.

“Penyelenggaraan hajatan kan biasanya dilaporkan masyarakat, kami juga ingin mereka bertindak serupa untuk nonton bareng. Kalau laporan umum, kafe yang ramai untuk karaoke atau pura-pura tutup itu. Mereka melihat dari banyaknya kendaraan di luar, tapi lampu kafenya mati. Kami akan lebih preventif lagi,” jelas Arif.

Baca Juga: Begini Kata Sosiolog UNS tentang Fenomena Pijat Plus-Plus di Solo

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengaku bakal memberikan sanksi kepada kafe yang menyelenggarakan nonbar Liga 2. “Ya, ada sanksi. Wong aturannya enggak boleh nonton bareng kok. Nanti kami tegur. Aturannya memang dilarang, enggak boleh. Enggak boleh nonton di stadion tapi nonton bareng, ya sama saja. Bakal kami tindak tegas, dilihat dulu,” ucap Gibran.

Ia mengaku sudah beberapa kali menyampaikan dan mengimbau masyarakat atau suporter agar menonton di rumah saja sebagai upaya mengantisipasi persebaran Covid-19 di Kota Solo.


Berita Terkait

Espos Premium

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Gamelan Memengaruhi Musik Barat Sejak Awal Abad XX

Pagodes dari Estampes pour Piano (1903), misalnya, menggunakan sistem pentatonik dan tempi bertingkat (semakin tinggi nada, semakin cepat suaranya; semakin rendah nadanya, semakin lambat suaranya) yang membangkitkan suara gamelan

Berita Terkini

Milad ke-109, Muhammadiyah Sragen Fokus 3 Program Unggulan

Muhammadiyah Sragen fokus pada tiga program unggulan pada momentum resepsi Milad ke-109 yang dihelat di Masjid At-Taqwa Dukuh Candirejo, Desa Jurangjero, Kecamatan Karangmalang, Sragen, Minggu (28/11/2021).

Gagalkan Penyelundupan Anjing, Polres Sukoharjo bakal Dapat Penghargaan

Sejumlah komunitas pencinta kucing akan memberikan penghargaan kepada Polres Sukoharjo yang telah berhasil menggagalkan penyelundupan 53 ekor anjing di Kartasura.

Disperum Solo Tertibkan Kamar Lantai 2 yang Dibangun dengan Dana RTLH

Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Kota Solo sudah mendatangi dan menertibkan kamar lantai II di Mojosongo yang dibangun menggunakan dana RTLH.

Vaksinasi Covid-19 Berlanjut, DKK Solo Giliran Sasar Tempat Wisata

Dinas Kesehatan Kota Solo tersebut menggencarkan vaksinasi Covid-19 dengan menyasar warga yang beraktivitas di tempat-tempat wisata seperti TSTJ dan Balekambang.

Vaksinasi Covid-19 di Kota Solo Mulai Sasar Pengunjung Tempat Wisata

Vaksinasi Covid-19 di Solo mulai menyasar tempat-tempat wisata. Pada Minggu (28/11/2021), vaksinasi digelar salah satunya di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

Konsumsi Anjing di Solo Marak, DMFI Menanti Komitmen Gibran

Koalisi Dog Meat Free Indonesia (DMFI) Kota Solo kembali mendesak Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menghentikan perdagangan daging anjing di Kota Bengawan.

9 Remaja Sukoharjo Dijewer Satpol PP saat Pesta Miras di Persawahan

Sembilan orang remaja, dua di antaranya perempuan, digerebek Satpol PP Sukoharjo saat pesta miras di perempatan tengah sawah Desa Sidorejo, Bendosari.

Simpang 4 Jombor Klaten Rawan Kecelakaan, Warga Usul Ada Traffic Light

Warga mengusulkan adanya traffic light karena di persimpangan Jombor, Ceper, Klaten, di jalan Solo-Jogja kerap terjadi kecelakaan.

Tertabrak Pemotor, Pensiunan PNS Meninggal di Jombor Klaten

Seorang pengendara sepeda motor meninggal dunia setelah kecelakaan di persimpangan jalan raya Solo-Jogja, Desa Jombor, Kecamatan Ceper, Minggu (28/11/2021).

Gory Si Anjing Teman Sukarelawan Gunung Lawu, Unyu Deh

Kisah unik kali ini tentang Gory, si anjing yang menjadi teman sukarelawan pendakian Gunung Lawu.

Asyik... Ada Pasar Kuliner di Candi Cetho Karanganyar

Aneka kuliner tradisional dijajakan di pasar budaya Gumeng yang digelar di Puri Taman Saraswati kompleks Candi Cetho.

Pendaki Gunung Lawu Wajib Pakai Sepatu

Para pendaki yang hendak mendaki ke Gunung Lawu diwajibkan memakai sepatu untuk mencegah terjadinya cedera kaki.

Asale Sangiran, Ternyata Dulunya Lautan Purba di Sragen

Asale situs Sangiran di Sragen, Jawa Tengah, ternyata dulunya merupakan lautan.

Legenda Balung Buto di Sangiran Sragen: Peperangan Manusia vs Raksasa

Objek wisata Museum Sangiran di Kalijambe, Sragen, menyimpan berbagai sejarah, salah satunya legenda balung buto.

Luas Banget! Parkiran Mewah WGM Wonogiri Bisa Tampung 700 Kendaraan

Area parkiran mewah di objek wisata WGM Wonogiri mampu menampung 200 unit mobil dan 500 unit kendaraan.

Parkiran Mewah WGM Wonogiri Punya View Pantai, Ciamik Lur!

Area parkiran objek wisata WGM Wonogiri yang super mewah memiliki view teras pantai yang indah.