Kepala Satpol PP Jateng Budiyanto didampingi Sekretaris Satpol PP Provinsi Jawa Tengah Retno Fajar Astuti menandatangani kerja sama sinergi penegakan hukum antara Satpol PP, Kodam IV Diponegoro, dan Polda Jateng di sela acara Rapat Koordinasi Sinergitas Program Satpol PP Tahun 2020 di salah satu hotel di Ungaran, Senin (27/1/2020). (Antara-Nur Istibsaroh)

Solopos.com, UNGARAN — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Kodam IV Diponegoro, dan Polda Jateng, Senin (27/1/2020), menyepakati sinergi menegakkan peraturan daerah (Perda) dan peraturan kepala daerah (perkada) termasuk persiapan menghadapi pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Penandatanganan sinergi penegakan hukum antara Satpol PP, Kodam IV Diponegoro, dan Polda Jateng tersebut berlangsung di sela-sela acara Rapat Koordinasi Sinergitas Program Satpol PP Tahun 2020 di salah satu hotel di Ungaran, Jawa Tengah.

Kepala Satpol PP Jateng Budiyanto dalam kesempatan tersebut berkesempatan membuka rakor yang berlansung dua hari serta membacakan sambutan Gubernur Jateng yang mengingatkan kesiapan Satpol PP menghadapi pelaksanaan Pilkada di 21 kabupaten/kota di Jateng 2020.

“Tahun 2020, di Jateng ada penyelenggaraan Pilkada di 21 kabupaten dan kota. Saya berharap Pilkada dapat berlangsung lancar dan dalam suasana kondusif. Jaga ketenteraman dan ketertiban umum, serta kawal pesta demoktrasi,” kata Budiyanto.

Segala upaya antisipasi dini agar masyarakat merasa terlindungi dan terjaga ketentraman di kalangan masyakarat, lanjut Budi perlu terus dilakukan salah satu dengan terus menjaga koordinasi, konsolidasi, komunikasi, dan Rakor kali menjadi salah satu ajang yang tepat untuk melakukan sosialisasi program Satpol PP se-Jateng untuk menjaga kondusifitas Pilkada 2020 yang diselenggarakan di Jateng.

Sekretaris Satpol PP Jateng Retno Fajar Astuti menambahkan kerja sama antara Satpol PP dengan Kodam IV dan Polda Jateng sebenarnya telah berlangsung lama dan terus ditingkatkan kembali. “Tupoksi kami adalah penegakan perda. Di pusat telah dilakukan penandatanganan kerja sama antara Kementerian Dalam Negeri dengan Polri. Makanya, kami menindaklanjuti untuk yang di daerah,” kata Retno.

Retno menambahkan pascapenandatanganan, akan banyak kegiatan yang berkaitan dengan penegakan perda dan menciptakan ketentraman serta ketertiban umum yang melibatkan Polda Jateng dan Kodam IV Diponegoro. “Kerja sama ini berlangsung untuk lima tahun dan tahun ini kebetulan ada Pilkada. Bertepatan dengan Pilkada, kami bersinergi untuk menjadikan Pilkada damai dan berlangsung kondusif,” tutup Retno.

Hadir dalam kesempatan tersebut seluruh kepala Satpol PP kabupaten dan kota se-Jateng serta organisasi perangkat daerah (OPD) yang merupakan stakeholder terkait.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten