SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, PEKALONGAN — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah selama dua hari, Rabu-Kamis (20-21/2/2019), mengumpulkan ribuan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Jawa Tengah di Pekalongan. Kegiatan yang disebut gelar pasukan itu dilakukan terkait pelaksanaan Pemilu 2019. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Taj Yasin dijadwalkan langsung bertemu dengan  ribuan personel satpol PP dan satlinmas itu.

Kepala Satpol PP Provinsi Jateng Budiyanto Eko Putwono mengatakan gelar pasukan yang dilakukan hingga dua hari itu dilaksanakan di Stadion Hoegeng, Kota Pekalongan. “Gelar pasukan ini diikuti sekitar 5.000 anggota satpol PP dan satlinmas. Adapun inspektur upacara pada puncak gelar pasukan akan dipimpin langsung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,” katanya di Pekalongan, Rabu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurutnya, suhu politik pada pelaksanaan Pemilu 2019 ini semakin memanas dan bisa saja terjadi gesekan di antara warga masyarakat sehingga anggota satpol PP dan satlinmas harus aktif melakukan deteksi dini dan pencegahan.  “Kami berharap situasi tetap kondusif dan pemilu dapat berjalan dengan baik dan bermartabat,” harapnya.

Menurut dia, melalui gelar pasukan itu diharapkan juga dapat meningkatkan integritas, loyalitas, soliditas, dan kompetensi anggota satpol PP dan satlinmas dalam melaksanakan tugas penegakan peraturan daerah, menjaga keamanan, ketentraman, ketertiban, dan memberikan perlindungan pada masyarakat. Gelar pasukan yang mengangkat tema “Merawat Bhinneka Tunggal Ika Demi Indonesia”, kata dia, sekaligus sebagai bagian rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-69 Satpol PP dan ke-57 Satlinmas.

Ia mengatakan pada gelar pasukan ini juga dimeriahkan beragam kegiatan lainnya seperti lomba defile yang akan diikuti 1.400 anggota satpol PP dan satlinmas, tari kolosal Batik Jlamprang oleh pelajar SMP/SMA, dan marching band SMA Medika Kota Pekalongan. “Selain itu ada juga pesta kembang api, api unggun, pembentukan karakter, mental, dan spiritual anggota satlinmas melalui penggemblengan wawasan kebangsaan oleh Habib Lutfi bin Yahya dan kegiatan emotional spiritual quotient oleh Ouys Al Kharani,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya