Satpam Pura Kudus Raih Sertifikat Emas Mabes Polri
Satpam PT Pura Group Kudus, Jawa Tengah memperagakan aksi bela diri dalam menghadapi pengacau keamanan saat peringatan HUT Satpam di halaman Unit Total Security System di Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Jumat (24/1-2020). (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif)

Solopos.com, KUDUS — Satuan Pengamanan PT Pura Group Kudus, Jawa Tengah meraih prestasi hingga diganjar sertifikat emas dari Mabes Polri. Satpam Pura Kudus dianggap telah menerapkan sistem manajemen pengamanan yang sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang ditetapkan kepolisian.

"Penghargaan tersebut merupakan yang pertama diterapkan, dan baru ada dua perusahaan yang mendapatkan penghargaan serupa, yakni PT Pura Group dan PT Pusri," kata Presiden Direktur Pura Group Kudus Y. Moeljono Soebijanto di sela-sela Perayaan Ulang Tahun Satpam di halaman Unit Total Security System di Kecamatan Jati, Kudus, Jawa Tengah, Jumat (24/1/2020).

Presdir Pura Group Kudus Y. Moeljono Soebijanto yang didampingi Manager General Affair Pura Group Iwan Wijaya mengapresiasi sistem manajemen pengamanan PT Pura Nusa Persada yang mendapatkan sertifikat emas. Penganugerahan penghargaan itu dianggap sebagai tantangan untuk melakukan sistem pengamanan yang sama di unit lain di PT Pura Group.

Sistem penilaiannya, kata dia, terkait dengan tata kelola sistem pengamanan secara internal perusahaan yang harus memenuhi syarat standar sistem manajemen pengamanan, komitmen manajemen, sampai tingkat jajaran paling bawah atau seluruh karyawan. "Artinya, dalam mewujudkan tata kelola pengamanan yang baik tidak hanya tertumpu pada satpam, tetapi seluruh karyawan harus komitmen dan sepakat untuk menegakkan pengamanan," ujarnya.

Penghargaan tersebut merupakan awal karena sistem manajemen pengamanan merupakan program peraturan Polri di dalam ketentuan yang baru sekarang ditangani Mabes Polri sendiri. Sebelumnya, ditangani Sucofindo. Adapun total personel Satpam PT Pura Group sebanyak 350 orang yang tersebar di sejumlah unit perusahaan.

Satpam PT Pura Group Kudus juga mendapatkan juara pertama untuk lomba penilaian pos satpam tingkat Polres Kudus dan juara pertama untuk lomba penilaian kesiapan anggota satpam tingkat Polres Kudus. Dalam rangka menunjukkan kemampuan masing-masing personel satpam, pada acara HUT Satpam digelar demo pengamanan VIP yang diganggu oleh sekelompok pengacau serta peragaan bela diri sejumlah satpam, termasuk perempuan satpam dari PT Pura.

Kemampuan bela diri satpam, baik laki-laki maupun perempuan, diupayakan setara karena pelatihannya. Selain itu, juga tidak membedakan jenis kelamin, termasuk dalam memberikan penghargaan satpam terbaik juga memberikan peluang yang sama terhadap perempuan maupun laki-laki.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom