Satlantas Solo Tambah 5 Kamera ETLE, Dipasang Di Mana Saja?

Satlantas Polresta Solo segera memasang lima lagi kamera untuk pemberlakuan e-tilang atau ETLE sehingga totalnya jadi enam kamera.

 Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo menyelesaikan pemasangan closed circuit television (CCTV) di Jl Slamet Riyadi, Kerten, Laweyan, Solo, Kamis (17/12/2020). Pemasangan CCTV tersebut untuk menambah prasarana e-tilang di Kota Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo menyelesaikan pemasangan closed circuit television (CCTV) di Jl Slamet Riyadi, Kerten, Laweyan, Solo, Kamis (17/12/2020). Pemasangan CCTV tersebut untuk menambah prasarana e-tilang di Kota Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Satlantas Polresta Solo mendapat kiriman lima unit kamera pengawas untuk penegakan aturan lalu lintas secara elektronik atau ETLE (electronic traffic law enforcement), Selasa (23/3/2021).

Lima kamera ETLE itu menambah jumlah kamera menjadi total enam unit. Satu unit kamera sebelumnya telah terpasang di Jl Slamet Riyadi depan Solo Square Mall.

Seperti diketahui, Korlantas Polri resmi meluncurkan pemberlakuan ETLE atau e-tilang secara virtual, Selasa (23/3/2021). Kasatlantas Polresta Solo Kompol Adhytiawarman Gautama Putra mewakili Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak saat dijumpai wartawan, Selasa, mengatakan seusai peresmian, program tilang elektronik masih tahapan uji coba sekitar satu bulan.

Baca Juga: Sopir Bus Tabrak Pengendara Motor Hingga Meninggal Di Kebakkramat Karanganyar Belum Ditahan

Tahapan uji coba itu sekaligus sebagai sosialisasi kepada masyarakat pemberlakuan sistem tilang elektronik menggunakan kamera ETLE di Kota Solo. Menurutnya, selama sosialisasi petugas akan mengirimkan surat pemberitahuan konfirmasi kepada pelanggar lalu lintas namun belum dilakukan penindakan.

“Dari total tujuh kamera yang direncanakan, satu kamera sudah terpasang, lima kamera sudah datang, dan masih menunggu satu lagi,” paparnya.

Kasatlantas menyebut petugas masih mengkaji lokasi yang ideal untuk pemasangan lima kamera itu. Ia mempertimbangkan lokasi yang banyak ditemukan pelanggaran lalu lintas secara kasatmata.

Baca Juga: ETLE Sragen: Berisiko Kena Tilang, Warga Disarankan Segera Balik Nama Kendaraan Beli Bekas

Fokus Kendaraan Roda Empat

Prediksinya bulan depan seluruh kamera ETLE telah terpasang. “Hanya perlu waktu satu detik, begitu terekam data kendaraan langsung keluar,” imbuhnya.

Saat ini, sistem penindakan menggunakan kamera ETLE di Kota Solo untuk roda dua masih dikunci. Kepolisian fokus menindak pelanggaran kendaraan roda empat yakni penggunaan handphone saat berkendara serta tidak memakai sabuk pengaman.

Ia menambahkan seluruh sistem deteksi pelanggaran lalu lintas seperti putar balik tidak sesuai lokasi dan tidak memakai helm akan dibuka bulan depan.

Baca Juga: Sidak, DPRD Solo Ungkap Banyak Ortu Tak Tega Ikutkan Anak Belajar Tatap Muka

Sebelumnya, dalam uji coba ETLE selama dua bulan, sebanyak 38.000 pelanggaran terekam kamera yang terpasang di Jl Slamet Riyadi. Pelanggaran lalu lintas yang terekam kamera secara otomatis masuk ke sistem ETLE.

Kemudian, sistem secara otomatis menangkap layar pelanggaran serta pelat nomor kendaraan. Kemudian, pelanggar akan dikirimi surat pemberitahuan lewat pos atau nomor Whatsapp yang dituliskan pada saat mengurus pajak STNK.

Ia memastikan tidak ada alasan untuk tidak menerima surat pemberitahuan itu. ETLE memaksa masyarakat mengubah pola pikir bahwa tertib lalu lintas itu harus, bukan saat ada petugas saja.

Berita Terkait

Berita Terkini

Solo Tuan Rumah Liga 2, Ini Pesan Gibran untuk Suporter

Pasoepati dan warga Solo, diminta menjadi tuan rumah yang baik terkait penyelenggaraan pertandingan Grup C Liga 2 tahun 2021 di Stadion Manahan.

Bupati Wonogiri Beri Sinyal Siswa Boleh Naik Angkot Saat PTM

Saat pembelajaran tatap muka (PTM) nanti berlangsung, siswa di Wonogiri akan diperkenankan naik transportasi umum.

Akibat Korsleting Listrik, Kandang Kambing di Sambirejo Sragen Hangus

Kebakaran menghanguskan kandang kambing milik, Pranoto, 45, warga Jatirejo RT 004, Blimbing, Sambirejo, Sragen.

Siap-Siap, Disdik Kota Solo akan Tes Covid-19 Acak di Sekolah

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo berencana mengadakan uji swab deteksi Covid-19 secara acak (random test) terhadap warga sekolah.

Ciamik! Colomadu Dirancang Jadi Solo Baru-nya Karanganyar

Bupati Karanganyar berencana menjadikan Kecamatan Colomadu sebagai pusat industri dan perdagangan selayaknya Solo Baru.

Jos, Atlet Jateng dari UTP Solo Juara Umum Kickboxing PON Papua

Atlet kickboxing Jawa Tengah (Jateng) meraih juara umum di PON XX Papua merupakan mahasiswa UTP Solo.

Rasa Teh di Solo Ternikmat No Debat, Sepakat?

Teh ginastel di Kota Solo yang diracik dengan mengoplos berbagai merek merupakan sajian kuliner khas ternikmat, sepakat?

Melihat Bayangan Seperti Makhluk Gaib di CCTV, Warga Wonogiri Trauma

Kamera pengintai atau closed circuit television (CCTV) yang terpasang di rumah pengusaha properti di Wonogiri merekam bayangan hitam.

Sambil Nglarisi Bakul, Bupati Sukoharjo Sosialisasi Prokes

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani memiliki cara tersendiri untuk menyosialisasikan protokol kesehatan kepada pedagang di pasar tradisional.

Jos! Vaksinasi Covid-19 di Desa Sidomulyo Boyolali Capai 75%

Warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali, antusias dalam mengikuti vaksinasi Covid-19. Hal itu terbukti dengan capaian vaksinasi yang menembus angka 75%.

Kebakaran Pasar Janglot Sragen: 50 Kios Kobong, Rp4,1 Miliar Melayang

Nilai kerugian akibat kebakaran di Pasar Janglot Sragen, Jawa Tengah, Minggu (26/9/2021) diperkirakan mencapai Rp4,1 miliar.

Saingan Ketat CPNS Solo: SKD Tinggi, Diambil 3 Orang Per Formasi

Tes CPNS untuk pegawai Pemkot Solo kali ini memiliki daya saing yang sangat tinggi karena rata-rata peserta meraih nilai tinggi di atas passing grade.

Vaksinasi Covid-19 di Klaten Ditarget 70 Persen hingga Akhir Tahun

Pemkab Klaten mematok capaian vaksinasi Covid-19 di daerah setempat mampu menembus angka minimal 70 persen hingga akhir tahun 2021.

Pasar Janglot Tangen Sragen Terbakar, Puluhan Los Ludes

Kebakaran hebat terjadi di Pasar Janglot, Desa Katelan, Kecamatan Tangen, Sragen, pada Sabtu (25/9/2021) pukul 23.20 WIB.

Asale Sendang Bendo Jadi Asal Mula Desa Bendo di Boyolali

Sendang Bendo bahkan sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Sementara disebut Sendang Bendo, karena di sekitar sendang itu berdiri pohon bendo yang umurnya sudah tua.