SOLOPOS.COM - Tim Satgas Kecamatan Kartasura menjemput pasien positif tanpa gejala untuk menjalani isolasi terpadu, Sabtu (31/7/2021).( Istimewa/Satgas Kecamatan Kartasura)

Solopos.com, SUKOHARJO — Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo menjemput 27 pasien positif tanpa gejala dan bergejala ringan untuk menjalani isolasi terpadu di Medical Education and Research Center (MERC) RS UNS Kartasura dan Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali. Mayoritas pasien positif yang menjalani isolasi terpadu merupakan warga Kecamatan Kartasura.

Jumlah pasien terkonfirmasi positif di wilayah Kartasura melonjak tajam selama sepekan terakhir. Sebagian besar pasien positif tanpa gejala dan bergejala ringan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mereka berpotensi menularkan virus saat berinteraksi dengan anggota keluarga atau sanak famili. Keterbatasan ruangan dan ketidakdisplinan menjadi problem utama isolasi mandiri yang dijalani pasien positif di rumah.

Baca Juga: Mau Ikut Upacara 17 Agustus Virtual di Istana? Begini Cara Daftarnya

Pemerintah Menjamin Kebutuhan Pasien

Guna mencegah transmisi penularan di rumah yang memicu munculnya klaster keluarga, satgas tingkat kabupaten menjemput para pasien positif untuk menjalani isolasi terpadu di dua lokasi berbeda. “Pasien positif yang dibawa ke MERC RS UNS sebanyak 22 orang. Sementara pasien positif yang menjalani isolasi terpadu di Asrama Haji Donohudan sebanyak lima orang.

Total jumlah pasien positif yang dijemput untuk menjalani isolasi terpadu sebanyak 27 orang,” kata Komandan Koramil (Danramil) Kartasura, Kapten (Inf) Mardiyanto, mewakili Komandan Kodim (Dandim) 0726/Sukoharjo, Letkol (Inf) Agus Adhy Darmawan, Minggu (1/8/2021).

Tim satgas tingkat kabupaten dan kecamatan membawa ambulans mendatangi rumah pasien positif yang tersebar di wilayah Kartasura. Mereka berdomisili di Desa Singopuran, Pabelan, Makamhaji, dan Pucangan.

Para pasien positif diedukasi agar mau menjalani isolasi terpadu demi memutus mata rantai penularan Covid-19. Tim satgas berdialog dengan pasien positif agar mereka memahami risiko apabila menjalani isolasi mandiri di rumah. “Ada pasangan suami istri dan anak yang terpapar Covid-19. Mereka akhirnya mau menjalani isolasi terpadu demi kesehatan dan keselamatan keluarganya. Sebagian besar pasien positif yang dijemput bagian dari klaster keluarga,” ujar dia.

Baca Juga: Tak Punya Uang, Seorang Ayah di Solo Tawarkan Barter Sepatu Bekas dengan Susu di Facebook, Polisi Langsung Bantu

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan jumlah bed atau tempat tidur di ruang isolasi MERC RS UNS sebanyak 150-200 bed. Selama ini, para pasien positif tanpa gejala memilih menjalani isolasi mandiri di rumah. Padahal, mereka bisa tanpa sengaja menularkan virus kepada anggota keluarga atau sanak famili di dalam rumah.

Pemerintah menjamin kebutuhan hidup sehari-hari pasien positif yang menjalani isolasi mandiri terpadu. “Penjemputan pasien positif untuk menjalani isolasi terpadu bagian dari upaya menekan laju persebaran Covid-19.

Klaster baru yang muncul masih didominasi klaster keluarga. Sehingga, kami mendorong agar para pasien positif tanpa gejala dan bergejala ringan untuk menjalani isolasi terpadu di RS UNS atau Asrama Haji Donohudan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya