Satgas Antimafia Bola, Awasi Gerak-Gerik Wasit Hingga di Luar Stadion

Satgas Antimafia Bola kerap terlihat di sela pertandingan Liga 1 maupun Liga 2 untuk mengantisipasi praktik pengaturan skor.

 Dua petugas Satgas Antimafia Bola yang hadir dalam pertandingan Liga 1 maupun Liga 2. (Instagram @pt_lib)

SOLOPOS.COM - Dua petugas Satgas Antimafia Bola yang hadir dalam pertandingan Liga 1 maupun Liga 2. (Instagram @pt_lib)

Solopos.com, SOLO–Gelaran BRI Liga 1 2021/2022 telah berjalan hingga pekan ke-13 yang masuk seri ketiga. Kompetisi musim ini bak oase di tengah dahaga pecinta sepak bola setelah hampir dua tahun vakum pandemi Covid-19. Jika dicermati, dua petugas berompi Satgas Antimafia Bola selalu berada di pinggir lapangan atau di antara dua bangu ofisial tim yang bertanding.

PromosiPelegalan Ganja di Thailand, Antara Blunder dan Solusi Kesehatan

Sukacita dirasakan banyak pihak, mulai pemain, pelatih, ofisial, wasit, hingga suporter. Meski berlangsung tanpa penonton, setidaknya fasilitas siaran langsung diberikan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru. Beberapa kali peran Satgas Antimafia Bola selalu dipertanyakan setiap ada kontroversi dalam pertandingan. Satgas Antimafia Bola sendiri telah dibubarkan pada 20 Agustus 2020 silam dan belum ada surat perintah untuk diperpanjang masa tugasnya.

Kasatreskrim Polresta Solo, AKP Djohan Andika yang juga termasuk Satgas Antimafia Bola, mengatakan dua petugas yang disiagakan itu tak hanya mengawasi gerak-gerik dan aktivitas wasit. Namun juga memastikan siapa yang bisa bertemu dengan sang pengadil di penginapan.

Baca juga: Satgas Antimafia Bola Sita Rp300 Juta dari Apartemen Joko Driyono

“Bahkan sejak wasit tiba di hotel menginap, dua petugas kita kirimkan untuk mengawasi dan memantau gerak-gerik mereka. Ini yang mungkin belum diketahui masyarakat hingga sekarang,” ungkap Djohan dikutip Suara.com, Jumat (26/11/2021).

Djohan mengatakan pengawasan berlanjut saat berada di stadion, terutama sterilisasi ruang wasit. Artinya, tidak ada pihak yang tidak berkepentingan masuk ke ruang wasit kecuali pengawas pertandingan.

“Kalau mereka keluar untuk sekadar membeli kebutuhan seperti peralatan mandi kan wajar dan tidak lama. Itu tetap kita awasi juga, kecuali panpel dalam hal ini LO (liaison officer) yang bisa menemui wasit untuk penjemputan. Selain itu kita pastikan clear, apalagi ditemui klub yang akan bertanding,” terangnya.

Ia menambahkan kepolisian juga mendampingi perangkat pertandingan ketika pertandingan telah selesai. Hal itu untuk menjaga keamanan wasit dan memastikan seluruh pertandingan berjalan fair.

Liga Indonesia

Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah menegaskan jika semua pertandingan BRI Liga 1 dan Liga 2 diawasi Satgas Antimafia Bola. Bahkan keberadaan Satgas Antimafia Bola juga dipublikasikan melalui akun resmi Instagram PT Liga Indonesia Baru, @pt_lib pada 19 Oktober 2021.

“Setiap pertandingan BRI Liga 1 2021/2022 dan Liga 2-2021, akan selalu dipantau Satgas Anti Mafia Bola,” tulis akun @pt_lib pada unggahan 29 Oktober dengan menyertakan 3 slide foto petugas Satgas Antimafia Bola.

Baca juga: Dugaan Pengaturan Skor Liga 2, Satgas Anti Mafia Bola Ngapain?

Sementara itu, Manager Media and Public Relation PT LIB, Hanif Marjuni, dilansir website resmi operator liga mengatakan keberadaan petugas Satgas Antimafia Bola sudah memegang surat penugasannya dari pimpinan di masing-masing daerah. Ada klausul kerja sama dan dasar kuat yang menugaskan mereka. Per Juni lalu, ada Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara PSSI dan Polri. Kerja sama itu tertuang pada Nomor :12/PSSI/VII-2021 dan Nomor : PKS/27/VII/2021 dan ditandatangani oleh Ketua Umum PSSI, Komjen Pol (Purn) Mochamad Iriawan, dengan Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops Kapolri), Inspektur Jenderal Polisi Imam Sugianto.

Klausul kerja sama tersebut berisikan delapan poin. Masing-masing pertukaran data dan atau informasi, penerbitan rekomendasi dan atau pemberian izin penyelenggaraan kegiatan, bantuan pengamanan, penegakan hukum, bantuan kesehatan, peningkatan kapasitas SDM, pemanfaatan sarana dan prasarana, dan hubungan luar negeri.

Keberadaan Satgas Antimafia Bola itu, masuk dalam poin keempat, yakni penegakan hukum. Dalam hal ini, kepolisian pasti akan menyesuaikan dengan tugas dan wewenang mereka. Termasuk jika ada persoalan yang ada kaitannya dengan hukum kepolisian turun tangan. Bila ada kaitannya dengan hukum pidana, Satgas Antimafia Bola akan bertindak. Tetapi jika persoalannya berhubungan dengan hukum sepak bola, menjadi ranah Komite Disiplin PSSI.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

LIVE Indonesia vs Timor Leste: Selesai, Tim Garuda Menang 4-1

Timnas Indonesia menghadapi tantangan Timor Leste dalam laga uji coba di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Tersisih di Persis Solo, Rijal Torres Malah Moncer di Persiraja

Assanur Rijal atau yang dikenal sebagai Torres gagal menemukan performa terbaiknya selama membela Persis Solo dalam gelaran Liga 2 2021 lalu.

Persis Youth Fokus Asah Skill Individu Pemain Jelang Kompetisi

Direktur Teknik Persis Solo Misha Radovic menyebut peningkatan skill individu pemain Persis Youth masih sangat diperlukan.

Persis Youth Menangi Laga Uji Coba, Misha Radovic: Masih Ada Kekurangan

Persis Solo Youth terus menunjukkan tren positif menjelang kompetisi Elite Pro Academy (EPA) musim ini.

Madrid Incar Haaland, Dortmund Maunya Ditukar 3 Pemain Sekaligus

Borussia Dortmund dikabarkan tidak masalah striker andalannya, Erling Haaland, digaet oleh Real Madrid pada musim panas mendatang.

Catat Lur! Berikut Link Streaming Indonesia vs Timor Leste Malam Ini

Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste dalam laga persahabatan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam.

Ada Mesir dan Senegal, Ini Tim yang Lolos Perempatfinal Piala Afrika

Piala Afrika 2021 telah memasuki babak perempatfinal. Sebanyak delapan tim telah memastikan diri lolos ke fase tersebut.

Pemkot Solo Kebut Persiapan Tuan Rumah ASEAN Para Games

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo terus mengebut persiapan sebagai tuan rumah ASEAN Para Games ke-11 pada Juli 2022 mendatang.

14 Klub Bulu Tangkis Berebut Piala Wali Kota Solo

Sebanyak 300 atlet dari 14 klub bulu tangkis asal Solo berebut Piala Wali Kota Solo perdana dalam Kejuaraan Kota Bulu Tangkis di Gor FKOR UNS.

Sudah Ada PES, Esport Persis Solo Bakal Tambah Cabang Game

Manajemen Persis Solo berencana menambah cabang game baru selain Pro Evolution Soccer (PES) untuk tim esport Persis Solo.

Indonesia vs Timor Leste: Shin Tae-yong Sudah Pantau Kekuatan Lawan

Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste dalam laga persahabatan yang masuk ke dalam kalender FIFA.

Ini 5 Sport Tourism Ciamik di Batang Jawa Tengah, Sudah Pernah Coba?

Inilah 5 sport tousim yang dipromosikan Bupati Batang, Wihaji, melalui akun Instagramnya.

Kalahkan Juara Dunia Bulu Tangkis, Gibran: Menang Tapi Ngos-Ngosan

Pasangan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dengan Ketua PBSI Solo, F.X. Hadi Rudyatmo sukses menaklukkan pasangan juara dunia Sigit Budiarto dengan Ketua PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf.

Saat Pasangan Gibran-Rudy Melawan Mantan Juara Dunia Bulu Tangkis

Gibran-Rudy bertanding melawan mantan juara dunia bulu tangkis di laga pembuka Kejurkot Bulu Tangkis Piala Wali Kota Solo.

Demi Peringkat FIFA, Timnas Indonesia Siap Bekuk Timor Leste

Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada laga persahabatan, Kamis (27/1/2022).

Pemain Esport Berharap Persis Solo Datangkan Bintang Muda Persebaya

Pemain Esport Persis Solo, Puspamba Harma Ibrahim, mengakui kebijakan transfer Persis Solo sangat berpengaruh di dunia esport.