Tutup Iklan

Satelit Nuri Pertama Gagal ke Orbit, Korsel Siap Mencoba 5 Kali Lagi

Korea Selatan gagal menempatkan satelit tiruan ke orbit setelah peluncuran pertama roket Nuri yang dikembangkan di dalam negeri gagal sampai tujuan.

 Ilustrasi peluncuran satelit (dok ASEAN)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi peluncuran satelit (dok ASEAN)

Solopos.com, SEOUL — Korea Selatan gagal menempatkan satelit tiruan ke orbit setelah peluncuran pertama roket Nuri yang dikembangkan di dalam negeri gagal sampai tujuan.

“Sayangnya, kami belum dapat mencapai tujuan itu dengan sempurna, tetapi ini adalah pencapaian yang luar biasa untuk percobaan pertama,” kata Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

“Kami masih memiliki tujuan yang belum terpenuhi, yaitu mengirim satelit tiruan ke orbit dengan aman,” tambahnya, demikian dikutip Liputan6 dari CNN, Jumat (22/10/2021).

Moon mengatakan, roket itu tetap menyelesaikan semua urutan penerbangan, mencapai ketinggian 700 kilometer (435 mil) di atas Bumi. “Saya sangat bangga akan hal itu,” ujar Moon.

Baca Juga: 15 Negara Bisa Gagalkan Target Perlindungan Iklim, Termasuk Indonesia

Investasi Hampir 2 Triliun Won

Moon menambahkan bahwa Korea Selatan akan meluncurkan roket Nuri lima kali lagi hingga 2027, dengan peluncuran berikutnya dijadwalkan pada Mei 2022.

Korea Selatan telah menginvestasikan hampir 2 triliun won untuk membangun Nuri tiga tahap sejak 2010.

Jika misi tersebut berhasil, Korea Selatan akan menjadi negara ketujuh di dunia yang telah mengembangkan kendaraan peluncuran ruang angkasa yang dapat membawa satelit lebih dari 1 ton, setelah Rusia, Amerika Serikat, Prancis, China, Jepang, dan India, menurut Institut Penelitian Dirgantara Korea (KARI).

Negara ini telah berjuang untuk bersaing dengan tetangganya di Asia dalam perlombaan soal ruang angkasa. Dua roket pembawa pertama Korea Selatan diluncurkan pada 2009 dan 2010, menggunakan mesin yang dikembangkan Rusia, keduanya gagal mencapai orbit.

Baca Juga: Berukuran Seperti Bola Softball, Hujan Es di Australia Pecahkan Rekor

Nuri berarti “dunia” dalam bahasa Korea, adalah roket buatan Korea Selatan pertama yang menggunakan teknologinya sendiri, membuka pintu ke berbagai satelit dan misi masa depan.

Peluncuran misi ruang angkasa telah lama menjadi masalah sensitif di Semenanjung Korea, di mana Korea Utara menghadapi sanksi atas program rudal balistik bersenjata nuklirnya.

Rencana misi ruang angkasa Korea Selatan termasuk meluncurkan berbagai satelit militer yang dapat melakukan pengawasan, navigasi dan komunikasi di masa depan.

Sejauh ini, Korea Selatan hampir sepenuhnya bergantung pada AS untuk intelijen satelit bagi negara tetangganya, Korea Utara.


Berita Terkait

Berita Terkini

Cegah Covid-19 Omicron, Presiden Minta Vaksinasi Digenjot

Presiden Jokowi meminta vaksinasi Covid-19 terus digenjot untuk mencegah penularan varian Omicron.

Novel Baswedan dan 43 Eks Pegawai KPK Bergabung ke Polri

Semua eks pegawai KPK yang diberhentikan bersepakat bahwa opsi ASN Polri merupakan salah satu cara berjuang

Belum Terdeteksi, Omicron Belum Tentu Tak Ada di Indonesia

Belum terdeteksinya varian Omicron di Indonesia bukan tolok ukur bila varian ini tidak ada di Tanah Air.

Bertambah, 4 Mahasiswi Unsri Diduga Jadi Korban Pelecehan Seksual Dosen

Korban kasus pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh dosen Universitas Sriwijaya (Unsri) bertambah menjadi 4 orang.

Hiii... Pendaki Gunung Salak Berubah Jadi Pocong

Kisah misteri kali ini tentang seorang pendaki Gunung Salak yang berubah menjadi pocong akibat pesugihan.

Kokoh! Ini Satu-Satunya Rumah Selamat saat Erupsi Gunung Semeru

Penampakan satu-satunya rumah yang masih berdiri kokoh seusai diterjang awan panas erupsi Gunung Semeru viral di media sosial.

PPKM Level 3 Batal, Ini Tanggapan Pakar Epidemiologi

Pakar epidemiologi asal Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman, memberikan tanggapan atas keputusan pemerintah yang batal menerapkan PPKM Level 3 secara nasional.

+ PLUS Pesan Emansipasi "Yuni" Ditayangkan di Bioskop Mulai 9 Desember 2021

Yuni berlatar di Indonesia, tetapi film ini juga beresonansi dengan penonton di luar Indonesia karena mengangkat isu yang universal dan terjadi di belahan dunia lain, yaitu emansipasi perempuan.

Ketakutan Ditangkap Polisi, Bandar Narkoba Ini Eek di Celana

Seorang bandar narkoba eek di celana akibat ketakutan saat ditangkap polisi.

Buntut Anggota TNI Diduga Pukul Polwan, 3 Orang Diproses Hukum Militer

Anggota TNI yang diduga memukul seorang wanita polisi akrab disapa Polwan Polda Kalteng, Bripda Tazkia Nabila Supriadi, akan diproses menggunakan hukum militer.

Jadi Simpanan Pangeran Arab Saudi, Wanita Ini Dijatah Rp57 Juta/Hari

Wanita cantik dan seksi ini disebut-sebut sebagai simpanan pangeran Arab Saudi yang dapat jatah jajan Rp57 juta per hari.

Ramalan Jayabaya: Jawa Berkalung Besi

Ramalan Prabu Jayabaya dari Kerajaan Kediri sampai saat ini masih dipercaya sebagai mitos oleh sebagian orang Jawa.

Ekspedisi Ekonomi Digital 2021, Xpora Bikin Perluas Pasar Ekspor UMKM

Produk Xpora BNI membuat pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mampu memperluas pasar ekspor.

Gunung Semeru Erupsi, 3 Gunung Berapi di Indonesia Siaga, 11 Waspada

Erupsi yang terjadi di Gunung Semeru memengaruhi aktivitas gunung berapi lain di Indonesia, di mana tiga berstatus Siaga dan 11 lainnya Waspada.

Pengin Usir Ular, Pria Amerika Ini Malah Bakar Rumah Sendiri

Sebuah rumah di Maryland, Amerika Serikat (AS) secara tidak sengaja dibakar hingga hangus tak tersisa oleh pemiliknya sendiri.