SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Calon Presiden (capres) nomor urut 02 untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang, Prabowo Subianto, menyebut kondisi perekonomian Indonesia mirip dengan negara-negara miskin di Benua Afrika, salah satunya adalah Haiti. Padahal, Haiti bukan merupakan negara di Benua Afrika, namun di Karibia, Benua Amerika.

Kesalahan Prabowo Subianto dalam mengucapkan nama salah satu negara di Afrika itu kemudian ramai menjadi sorotan netizen. Sampai-sampai, salah satu sastrawan terkemuka, Goenawan Mohamad, turut mengomentari kesalahan capres yang didampingi cawapres Sandiaga Uno tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Goenawan bahkan meminta Prabowo untuk belajar tentang peta agar mengetahui letak-letak negara yang dibicarakan. “Prabowo perlu belajar peta bumi: Haiti itu bukan di Afrika, tapi di benua Amerika, di Karibia,” ungkapnya melalui akun Twitternya, @gm_gm, Selasa (26/12/2018).

Goenawan juga meminta Prabowo untuk lebih teliti dalam menyajikan data karena menurutnya perekonomian Indonesia jauh lebih baik dibandingkan Haiti. “Prabowo bilang, Indonesia setara Haiti sebagai negara miskin. Coba cek Google: GNI per kepala Haiti 760 (tahun 2017). Indonesia 3,540 (2017). Untuk memenangi pemilu 2019, bohong rupanya halal,” lanjutnya.

Komentar pedas dari Gopenawan Mohamad itu kemudian memicu beragam reaksi dari warganet. dari sekian banyak tanggapan, netizen menilai kesalahan Prabowo itu bukan disengaja.

Jika bicara soal Pilpres 2019, netizen menilai kedua capres pernah salah dalam berucap. Rival Prabowo dalam Pilpres 2019, Joko Widodo, bahkan juga pernah beberapa kali salah ucap soal letak suatu daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya