Ilustrasi buku rekening tabungan (Lintasjari.com)

Solopos.com, SOLO -- Program Indonesia Menabung wilayah Soloraya yang diresmikan pada Sabtu (19/10/2019) menyasar pelajar SMP dan sederajat.

Targetnya pada Desember 2019, seluruh siswa SMP sederajat di Soloraya sudah memiliki rekening tabungan di bank.

Berdasarkan data, ada sekitar 800 sekolah SMP maupun MTs dengan potensi 350.000-an siswa. Koordinator Gerakan Indonesia Menabung Soloraya, yang juga Kepala Cabang BTN Solo, Deddy Armanto, menargetkan 100% dari jumlah siswa itu sudah menabung di bank pada Desember 2019.

"Ini baru [terlaksana] awal bulan ini, mungkin baru menyasar 30%-40%. Target sampai Desember adalah 100%," kata dia kepada wartawan saat launching Gerakan Indonesia Menabung Soloraya di Solo Paragon Mall, Sabtu (19/10/2019).

Ditolak PDIP Solo, Gibran Dipersilakan Daftar ke DPD Jateng

Dia menyampaikan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari kesepakatan antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Gubernur Jawa Tengah. Kesepakatan itu kemudian disampaikan kepada seluruh kabupaten untuk mendukung program ini.

Untuk Soloraya penanggung jawab program ini adalah BTN. "Jadi kami minta tolong kepada perbankan agar subkoordinatornya di masing-masing kabupaten atau kota membuat kesepakatan dengan masing-masing kepala dinas [pendidikan]. Dari situ kami tindak lanjuti dengan PKS [perjanjian kerja sama] ke sekolah," kata dia.

Gerakan Indonesia Menabung dengan sasaran pelajar SMP dan sederajat tersebut menggunakan produk Simpanan Pelajar (Simpel). Setoran awal tidak ditentukan nilainya.

Profil 13 Nama Masuk Bursa Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf

"Kalau pembukaan rekening biasa minimal saldo awal Rp250.000 dan sebagainya, di sini tidak berlaku. Nanti juga bukan siswa yang ke bank, tapi bank jemput bola. Membiasakan siswa untuk mau menabung sejak SMP," terang dia.

Pada acara tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara perbankan dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama dari masing-masing kota/kabupaten di Soloraya.

Ketua OJK Solo, Eko Yunianto, mengatakan Gerakan Indonesia Menabung ini sebagai upaya mendorong budaya menabung di tingkat pelajar serta memperluas akses keuangan para pelajar.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten