SOLOPOS.COM - Dicky Sumarsono (Dok/JIBi/Solopos)

Direktur PT Citra Pariwisata Indonesia, Dicky Sumarsono, menilai mengelola hotel di kota kedua/kabupatan lebih menguntungkan.

Solopos.com, SOLO –Salah satu operator hotel, Azana Hotel & Resort, yang berada di bawah naungan PT Citra Pariwisata Indonesia, mengalihkan target pengembangan hotel ke kota kedua atau kabupaten. Sebanyak 60% properti hotel yang dikembangkan Azana berada di kota kedua.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Hal itu dilakukan sebab hotel di kota kedua lebih menguntungkan. Direktur PT Citra Pariwisata Indonesia, Dicky Sumarsono, menilai saat ini pertumbuhan perekonomian di kabupaten cukup pesat.

“Orang-orang takut membangun hotel di sana [kabupaten]. Kebanyakan mempertanyakan siapa yang mau menginap di sana. Padahal rata-rata kabupaten di Indonesia itu tumbuh. Apalagi di kota besar tanah mulai mahal, mulai padat, perizinan diperketat maka sektor-sektor lain seperti industri, pabrik, dan perusahaan mulai lari ke kabupaten. Sekaranglah saatnya hotel dibutuhkan di sana [kabupaten],” kata dia kepada wartawan di sela-sela acara Halalbihalal dan Silaturahmi Azana Hotel & Resort di Aston Hotel Solo, Selasa (25/7/2017).

Respons pasar atas berdirinya hotel di kabupaten luar biasa. “Seperti hotel kami di Kediri, Sidoharjo, Madura, Bengkulu, dan Jombang okupansinya di atas 90%. Bahkan hotel kami yang di Pringsewu, Lampung, yang waktu perjalanannya dari Lampung sekitar dua jam, rata-rata tamu walk in mencapai 30 kamar per hari,” urai Dicky.

Hotel yang dikembangkan Azana di kabupaten umumnya berbintang dua dengan dilengkapi 60-an kamar. “Saya bisa menjamin hotel bintang dua yang ada di kabupaten cash flow-nya bisa melebihi hotel berbintang empat di Solo,” sambungnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya