SOLOPOS.COM - Sasana Hinggil Dwi Abad (JIBI/Antara)

Harianjogja.com, JOGJA-Sasana Hinggil Dwi Abad yang kebetulan masih satu area dengan Alun-alun Kidul ini dulunya bernama Siti Hinggil Kidul. Awalnya, tempat ini dipergunakan Sultan untuk memantau prajurit.

Bangunan Sasana Hinggil berada di bagian paling belakang Kraton. Tepatnya di antara Magangan (tempat para calon Abdi Dalem) dan sebelum Plengkung gading di ujung selatan Kraton Jogja. Luas kompleks Sasana Hinggil Dwi Abad kurang lebih sekitar 500 meter persegi. Secara harfiah Sasana berarti Singgasana, sementara Hinggil berarti lebih tinggi dari altarnya. Sesuai dengan namanya, permukaan tanah memang lebih tinggi sekitar 150 Centimeter dari permukaan tanah di sekitarnya.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Bangunan ini didirikan pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono I (1755-1792) dan kala itu masih bernama Siti Hinggil Kidul. Namun pada 1956 tepatnya pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII kompleks bangunan mengalami perbaikan serta ditambah jumlah bangunannya. Seiring dengan perombakan itu, maka bangunan berubah menjadi Gedhong Sasana Hinggil Dwi Abad. Pergantian nama bersamaan peringatan 200 tahun Kota Jogja.

Ekspedisi Mudik 2024

Pada awal mulanya Gedhong Sasana Hinggil Dwi Abad digunakan untuk latihan perang prajurit junior. Tempat ini juga dijadikan Sultan untuk memantau prajurit melakukan gladi bersih upacara Grebeg. Selain itu juga digunakan Sultan menyaksikan adu manusia dengan macan (rampogan) yang dilakukan di Alun-alun depan Sasana Hinggil.

Pada zaman Sri Sultan Hamengkubuwono VIII, fungsi Sasana Hinggil diperluas menjadi tempat pergelaran budaya seperti tempat penyelenggaraan wayang kulit. BS Ronomartono abdi dalem di Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat mengatakan kegiatan itu mulai intensif dilaksanakan ketika Islam mulai masuk tanah Jawa.

“Seperti diketahui masuknya Islam masuk di Jawa tidak terlepas dari peran Sunan Kalijaga yang menggunakan medium wayang sebagai media memberikan pengetahuan agama kepada rakyat,” kata dia saat ditemui Harianjogja.com, di Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat, Rabu (11/6/2014).

Selain itu, kata dia, Gedhong Sasana Hinggil juga menjadi tempat sakral. Sebab lokasi ini menjadi pembuka prosesi perjalanan panjang upacara pemakaman Sultan sebelum dibawa ke permakaman Raja-raja Mataram di Imogiri, Bantul.

“Sebelum dibawa menuju Imogiri [Makam Para Raja] , Sultan harus diletakkan terlebih dahulu di Gedung Sasana Hinggil,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya