SOLOPOS.COM - SARI PETOJO -- Sisa bangunan bekas pabrik es Sari Petojo di kawasan Purwosari beberapa waktu lalu. Pemkot Solo tak keberatan dengan rencana pembangunan hotel di lokasi itu, dengan syarat ada persetujuan tertulis dari BP3. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

SARI PETOJO -- Sisa bangunan bekas pabrik es Sari Petojo di kawasan Purwosari beberapa waktu lalu. Pemkot Solo tak keberatan dengan rencana pembangunan hotel di lokasi itu, dengan syarat ada persetujuan tertulis dari BP3. (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

SOLO – Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) memberikan lampu hijau terhadap rencana pembangunan hotel di lahan bekas pabrik es Sari Petojo wilayah Purwosari. Namun, lampu hijau itu baru sebatas terkait pengajuan izin. Sedangkan keputusan untuk memberikan izin atau tidak, Pemkot akan mendasarkan pada rekomendasi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jateng.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jokowi menyampaikan hal tersebut saat dimintai tanggapannya mengenai rencana pembangunan Hotel Sari Petojo yang seperti diberitakan sebelumnya, sudah mendapatkan restu dari Gubernur Jateng, H Bibit Waluyo. Diwawancarai wartawan di Loji Gandrung, Kamis (19/4/2012), Jokowi mengatakan Pemkot siap menerima pengajuan izin pendirian hotel tersebut. Namun dia meminta permohonan izin itu disertai rekomendasi dari BP3.

“Intinya kami siap memberikan lampu hijau, asalkan ada rekomendasi dari BP3 bahwa tidak akan ada masalah jika di tempat itu dibangun hotel,” tegas Jokowi. Mengenai ketinggian bangunan hotel yang menurut informasi mencapai 20 lantai, Jokowi mengatakan itu tidak masalah. Namun tentunya sebelum dibangun juga perlu dilakukan penghitungan koefisien luas lahan itu apakah memungkinkan untuk dibangun gedung setinggi itu.

Jokowi juga tidak mempermasalahkan pertokoan yang akan ada di hotel itu. Dia menilai wajar jika hotel dilengkapi pertokoanan bahwa pertokoan itu berbeda dengan mal sehingga tidak akan bertentangan dengan Perda tentang pasar tradisional. Sedangkan mengenai konsep hotel, Jokowi mengaku memang mengharapkan ada lebih banyak hotel berkonsep boutique jika berada di tengah kota. Namun hal itu tidak mutlak.

“Yang penting lihat dulu nanti bagaimana rekomendasi BP3. Saya ingin rekomendasi dalam bentuk tertulis,” tegas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya