SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Thinkstock)

Ilustrasi (Thinkstock)

JAKARTA--Menu sarapan komplet harus berupa karbohidrat, serat dan protein. Misalnya saja kentang kukus dengan wortel rebus juga telur goreng. Jangan lupa segelas minuman hangat seperti susu, teh atau kopi bisa jadi pelengkap.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kentang merupakan salah satu makanan sumber karbohidrat. Bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Selain mengandung karbohidrat, 100 gram kentang juga dikemas dengan protein sekitar 2 gram, lemak 0,1 gram, dan vitamin C 20 mg. Juga mengandung solanin yang dapat menyebabkan mual dan muntah, karena itu tak baik dikonsumsi terlalau banyak.

Ekspedisi Mudik 2024

Meskipun begitu kandungan nutrisi dalam kentang bermanfaat baik untuk kesehatan. Seperti, menjaga kesehatan hati, mengatasi asam urat dan mencegah berkembangnya sel kanker. Kentang juga dapat meremajakan kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

Jika dipadukan dengan wortel rebus yang banyak mengandung serat pasti lebih bernutrisi. Tidak hanya mengandung beta-karoten, tapi juga mengandung 41 kkal energi, 9 gram karbohidrat, 0,2 gram lemak, dan 1 gram protein.

Wortel memang dikenal dapat menyehatkan mata, kandungan vitamin A pada wortel dapat menyehatkan dan mencerahkan kulit. Sedangkan beta-karotennya berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Sehingga kulit bisa menjadi lebih cerah dan halus.

Nah jika menu sarapan kurang lengkap bisa ditambahkan dengan telur goreng yang kaya protein. Atau juga segelas susu sapi yang memberi asupan kalsium dan vitamin D. Agar kulit semakin sehat, Andapun bisa minum secangkir teh hijau yang kaya antioksidan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya