SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO—Selama libur Lebaran, Pantai Glagah menjadi fokus utama perhatian Pemkab Kulonprogo. Baru-bari ini dibangun dua posko SAR tambahan, tepatnya di sekitar Joglo Labuhan dan sebelah selatan Laguna. Kedua pos tersebut ditandai dengan adanya tenda barak besar yang dibangun di lokasi tersebut.

Koordinator Daerah (Korda) SAR Kulonprogo Made Arsa Wijaya mengakui, dibanding dengan objek wisata (obwis) lainnya, Pantai Glagah lebih populer dan memiliki pengunjung yang jauh lebih banyak. ”Khususnya saat liburan,” ujarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menembahkan, pada dua pos tersebut, pihaknya telah menempatkan 16 orang personel yang dilengkapi dengan peralatan rescue seperti 1 unit motor trail, mobil rescue, seperangkat alat komunikasi baik HT maupun hand phone, 1 unit megaphone, pelampung tali, dan peluit.

Di posko induk SAR Korwil V Glagah sebenarnya sudah terpasang empat unit megaphone yang sudah beroperasi sejak beberapa pekan lalu. ”Tapi kalau yang itu kan lokasinya terlalu jauh dari pantai,” ujar Made.

Selain itu, masing-masing petugas, katanya, diharuskan memakai rompi pelampung berwarna oranye serta kalung peluit. Dengan begitu diharapkan pengunjung akan mengetahui bahwa di sekitar mereka terdapat petugas SAR. ”Jadi kalau petugas kami memberitahu pengunjung, akan ditaati,” ujarnya.

Selain di Glagah, pihaknya juga menempatkan 3 pos lainnya di tiga lokasi obwis yang berbeda. Sama dengan yang ada di Glagah, ketiga pos tersebut juga berupa tenda barak besar. Ketiga pos tersebut adalah di Obwis Waduk Sermo, Obwis Pantai Congot, dan Obwis Pantai Trisik.

Dijelaskan Made, total untuk 5 pos tersebut, pihaknya telah menyiagakan 54 personel yang terdiri dari 15 personel dari Korwil VI dengan wilayah pemantauan Waduk Sermo dan sekitarnya, serta 39 personil dari Korwil V dengan wilayah pemantauan sepanjang pantai selatan Kulonprogo.(Harian Jogja/Arief Junianto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya