Tutup Iklan

SANUR VILLAGE FESTIVAL 2014 : Sandal Batik Solo Dilirik Wisatawan Asing

SANUR VILLAGE FESTIVAL 2014 : Sandal Batik Solo Dilirik Wisatawan Asing

SOLOPOS.COM - Ilustrasi fashion show batik (JIBI/Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO — Tiga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Solo menjajal peluang menembus pasar internasional dengan menawarkan kaus bermotif batik, pakaian batik, dan handicraft melalui Sanur Village Festival (SVF) 2014 di Maisonette Area, Segara Beach, Sanur, Denpasar, Bali, Rabu-Minggu (20-24/8/2014).

Dinas Koperasi dan UMKM Solo memboyong tiga UMKM mengikuti gelaran SVF 2014 dengan tema Morning of The World “The New Spirit of Heritage”. Salah satu peserta pameran, pemilik Rym T-shirt, Muhammad Yuli, menuturkan membawa sejumlah produk, yakni kaus batik, kaus aplikasi batik, kaus bordir batik, dan lain-lain. Yuli menceritakan sejumlah wilayah lain dari Jawa maupun luar Jawa berpartisipasi pada acara.

Setiap wilayah menawarkan produk unggulan. Dia juga menjelaskan apabila pasar internasional lebih heterogen ketimbang pasar dalam negeri. Yuli menangkap salah satu indikasi adalah selera setiap wisatawan asing, seperti Australia, Kanada, Amerika Serikat berbeda-beda soal pilihan warna dan lain-lain.

“Uji coba buka pasar dan ternyata prospek bagus. Kami masih meraba-raba selera [wisatawan asing]. Kami harus menyesuaikan ukuran, bentuk produk, dan lain-lain. Promosi itu lumayan untuk penjajakan dan memperluas pasar. Bali gerbang Indonesia ke kancah internasional,” kata Yuli saat ditemui Solopos.com di rumahnya, pekan lalu.

Meski demikian, Yuli optimistis produk Solo mampu bermain di pasar internasional. Dia juga mengapresiasi langkah Dinas Koperasi dan UMKM berpartisipasi pada pameran itu. Menurut dia semakin banyak dan sering UMKM terlibat pameran di luar Solo maka akan menambah pengetahuan dan pengalaman tentang pasar internasional maupun dalam negeri.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Solo, Triyana, menuturkan UMKM di Solo kali pertama menjajal pasar di SVF. Setidaknya UMKM Solo dapat mengenalkan produk, meningkatkan pembelian, dan menarik minat calon pembeli datang ke Solo.

“Pangsa pasar berbeda dari pameran lain di Jakarta, dan lain-lain. Kami berharap UMKM Solo terus mengikuti pameran rutin di sejumlah wilayah di luar Solo. Selain menjajal pasar baru, juga sarana promosi. Kami juga ikut pameran selama satu bulan di Semarang sejak Agustus hingga September,” ujar dia saat dihubungi Solopos.com, Minggu (7/9/2014).

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Orang Bepergian via Travel di Semarang Diawasi Ketat

Dishub dan Dinkes Kota Semarang melakukan pengecekan ke sejumlah lokasi pemberangkatan travel di Kota Semarang demi memangkas Covid-19.

Kolaborasi Gojek-Tokopedia Bisakah Permudah UMKM Go Digital?

Kolaborasi bisnis dua startup karya anak bangsa, Gojek-Tokopedia, melalui pembentukan Grup Go-To diharapkan menjadikan UMKM naik kelas.

Kenaikan Kasus Covid-19 Jateng Tertinggi di Indonesia

Wiku Adisasmito dari Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 menyatakan kenaikan kasus Covid-19 di Jateng tertinggi di Indonesia.

Kasus Covid-19 di Sukoharjo Belum Berhenti, Bupati Etik: Ayo Taat Prokes!

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, mengimbau warga untuk selalu taat terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Hampir 2 Tahun Tabrak Lari Flyover Manahan Solo, LP3HI Kembali Gugat Praperadilan

Keluarga korban bersama LP3HI kembali melayangkan gugatan praperadilan kasus tabrak lari di flyover Manahan Solo yang belum ada kejelasan.

Tak Bisa Dihubungi, Seorang Perempuan Ditemukan Tewas di Gubug

Dari keterangan pihak keluarga, korban selama ini memiliki riwayat penyakit jantung dan hipertensi.

4 Zodiak Ini Konon Pilih-Pilih Teman

Berteman membuat hidup seseorang menjadi lebih mudah, namun tidak semua pemilik tanda zodiak piawai berteman, bahkan pilih-pilih teman.

Ribuan TKI asal Jateng Pulang Kampung, Sudah Swab & Karantina

Mereka pulang setelah menyelesaikan kontrak kerja di berbagai negara seperti Hongkong, Malaysia, dan Arab Saudi.

Presiden Akhirnya Turun Tangan dalam Polemik KPK

Penolakan Jokowi sebagai pesan bahwa TWK untuk memberhentikan pegawai KPK hanya alat yang digunakan oleh Ketua KPK Firli Bahuri secara sistematis untuk melemahkan pemberantasan korupsi.

Arti Mimpi Diperkosa Tak Selamanya Buruk, Cek Dulu!

Seseorang yang pernah mimpi diperkosa pasti bertanya apa arti dari mimpi itu, banyak dari mereka beanggapan mimpi itu memilki makna yang buruk.

Jumlah Penumpang KA dari Stasiun Klaten Mulai Melonjak

Penumpang kereta api atau KA yang diberangkatkan melalui Stasiun Klaten melonjak pada Selasa (18/5/2021). Lonjakan jumlah penumpang yang diberangkatkan itu seiring berakhirnya masa larangan mudik.

7.308 Calon Penumpang Tes GeNose di Stasiun Klaten, 72 Orang Positif

Sebanyak 72 orang dari total 7.000-an calon penumpang KA yang mengikuti tes GeNose di Stasiun Klaten menunjukkan hasil positif.