Santri Ponpes SMP Dimsa Terjun ke Masyarakat, Berbagi Sayuran & Hidupkan Masjid

Sekitar 50 santri Ponpes SMP Dimsa diterjunkan ke lapangan dalam program pengabdian ke Masyarakat di Masjid Al Hikmah Desa Trombol, Mondokan, Sragen.

 Santri Ponpes SMP Dimsa diterjunkan ke lapangan dalam program pengabdian ke Masyarakat tepat nya di Masjid Al Hikmah Desa Trombol, Mondokan, Sragen.

SOLOPOS.COM - Santri Ponpes SMP Dimsa diterjunkan ke lapangan dalam program pengabdian ke Masyarakat tepat nya di Masjid Al Hikmah Desa Trombol, Mondokan, Sragen.

Solopos.com, SRAGEN — Pada Sabtu – Ahad (24-25/9/2022), sekitar 50 santri Ponpes SMP Dimsa diterjunkan ke lapangan dalam program pengabdian ke masyarakat, tepatnya di Masjid Al Hikmah Desa Trombol, Mondokan.

Kegiatan dimulai Sabtu sore sampai dengan Ahad pagi. Kegiatan ini sebagai ajang praktik bagi santri mulai dari praktik azan, jadi imam salat, dan kultum ba’da salat, dll. Kegiatan ini dimulai dengan salat maghrib berjemaah dilanjut kajian singkat. Kemudian ba’da isya dilanjut Tasmi’ Quran juz 29 & 30 sampai dengan selesai. Kemudian, dilanjut dengan bungkus-bungkus sayur oleh santri putri.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Lebih dari 3 kuintal sayuran dibagikan gratis oleh Santri Ponpes-SMP Dimsa kepada masyarakat Trombol, Mondokan, Sragen.

Kegiatan pagi dimulai dengan salat tahajud dan salat subuh berjemaah. Kemudian, dilanjut Kajian Subuh Ceria dengan masyarakat yang diisi oleh Ustaz Ahmad Ghozali, pengasuh Ponpes Dimsa. Setelah Kajian Subuh Ceria, dilanjut bagi-bagi sayur gratis kepada masyarakat. Lebih dari 3 kuintal sayuran dibagi gratis. Kegiatan ditutup dengan outbond bersama anak-anak TPQ/LPQ dan pembagian hadiah.

Salah satu pengurus masjid, Pak Ismail menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ponpes Dimsa yang telah menyelenggarakan acara di Masjid Desa Trombol. Sehingga kegiatan masjid jadi hidup, santri-santri TPQ jadi senang dan tentunya masyarakat mendapatkan manfaat.

Santri Ponpes SMP Dimsa menjadi imam salat dan memberikan kultum kepada jemaah ba’da salat maghrib di Masjid Al Hikmah Trombol, Kecamatan Mondokan, Sragen.

“Kami berharap acara seperti ini bisa rutin dilaksanakan sehingga kegiatan-kegiatan masjid kembali hidup,” jelasnya.

Kepala Sekolah SMP Dimsa, Ustaz Wibowo Juli S, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan praktik lapangan ini rutin dilaksanakan minimal sebulan sekali dan sampai saat ini sudah dilaksanakan di empat kecamatan di Sragen. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melatih santri apa yang mereka dapatkan di pondok untuk dapat dipraktikan langsung di masyarakat. Selain itu, yang lebih penting adalah memberi pengalaman dan mendekatkan santri kepada masyarakat.

“Kegiatan belajar di SMP Dimsa tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja, tetapi juga kegiatan belajar di luar kelas, yaitu praktik langsung di masyarakat, sehingga santri akan mendapatkan pembelajaran dan pengalaman yang sangat berharga,” tegasnya.

Konten ini merupakan user generated content atau UGC kiriman sekolah. Sekolah Anda bisa menjadi bagian dari UGC di Solopos.com dengan cara klik di sini.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Tips Mengajari Keselamatan Diri bagi Anak Sekolah

      Berikut ini tips mengajari anak sekolah keselamatan diri.

      Meriahkan Hari Guru Nasional, SMP Batik Surakarta Lepas 36 Balon Harapan

      Memperingati Hari Guru Nasional ke-77, siswa dan orang tua/wali SMP Batik Surakarta menerbangkan 36 balon harapan.

      Tips Cegah Bau Badan bagi Pelajar

      Memiliki bau badan menyengat tentu bakal mengganggu teman-teman di kelas, karena itu pelajar perlu tahu tips mencegahnya.

      Azzahra Fun Festival di Sragen, Dorong Perkembangan Anak Usia Dini Lewat Lomba

      KB-TK Islam Terpadu Azzahra Sragen menggelar Azzahra Fun Festival (AFF), di sekolah setempat, Sabtu (19/11/2022).

      Hari Guru Nasional 2022, Begini Cara Menghormati Guru

      Berikut ini sejumlah cara untuk menghormati dan menghargai jasa para guru.

      Diserbu Peserta dari Jateng-DIY, SMK Mutuharjo Gelar Tes Wawancara Magang Jepang

      SMK Mutuharjo menfasilitasi bagi alumni maupun nonalumni yang ingin bekerja ke Jepang didukung  dengan  relasi LPK di perusahaan-perusahaan besar Jepang.

      Pantik Jiwa Kepemimpinan, OSIS dan Dewan Ambalan Al Azhar IIBS Ikuti LDKO

      Al Azhar IIBS kemudian menggelar LDKO sebagai upaya untuk melatih kemampuan siswa dalam hal berorganisasi dan kepemimpinan.

      Sepekan di Jepang, Intip Kegiatan Seru SMA Assalaam Sukoharjo di Negeri Sakura

      Sepekan berada di Jepang, intip yuk keseruan kegiatan siswa SMA Assalaam Sukoharjo selama berada di Negeri Sakura.

      Keseruan Siswa SMP Batik Solo Ikuti Gerakan Cinta Museum

      Siswa kelas VII E SMP Batik Solo menjadi salah satu peserta Gerakan Cinta Museum yang diselenggarakan oleh Museum Keris Nusantara.

      Raup 59% Suara, Nadya Surya Callista Terpilih Jadi Ketua OSIS SMA Batik 1 Solo

      Berdasarkan hasil pemungutan suara akhirnya terpilihlah Nadya Surya Callista sebagai Ketua OSIS SMA Batik 1 Solo periode 2022-2023 dengan total suara 59,2%.

      Tips Agar Tidak Terlambat Datang ke Sekolah

      Berikut ini sejumlah tips agar kalian tidak terlambat ke sekolah.

      Manasik Haji SMA Batik 1 Surakarta 2022

      SMA Batik 1 Surakarta melaksanakan outing class yaitu manasik haji pada Jumat (11/11/2022) dan diikuti seluruh siswa kelas X didampingi wali kelas beserta guru yang menjadi muthawif.

      Meriah! Market Day SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Pacu Semangat Entreprenuer Siswa

      Kegiatan Market Day di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo sebagai wujud implementasi SMK Pusat Keunggulan dalam bidang sektor ekonomi kreatif.

      Cara Membentuk Siswa Berkarakter, Salah Satunya Guru Harus Jadi Teladan Baik

      Berikut ini sejumlah cara untuk membentuk siswa berkarakter.

      Begini Cara Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

      Berikut ini sejumlah cara untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa.