SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Rumah makan Iwak Kali menyajikan beragam menu ikan kali (sungai). Tak perlu bersusah payah memancing terlebih dahulu ke kali, tinggal pesan. Ada beragam ikan yang bisa dipilih seperti uceng, beyong, wader, kutuk, dan sejenisnya, pas menjadi tujuan Anda mengenyangkan perut di siang hari.

Berbeda dengan kebanyakan restoran ikan lainnya, tempat makan yang berlokasi di Jalan Rejowinangun 1B, Jogja ini, khusus menyediakan ikan-ikan kali yang bahan-bahannya dikirim langsung dari Temanggung.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelum dibuka di Jogja sekitar sebulan yang lalu, Iwak Kali sudah terlebih dulu dikenal dan menjadi tempat makan favorit di kota tersebut selama enam tahun. Cita rasa yang ditawarkan Iwak Kali pas dengan lidah orang Indonesia, gurih dengan rasa pedas yang bisa disesuaikan dengan selera. Tidak sebatas digoreng, melainkan juga diracik ke dalam beberapa jenis masakan, seperti mangut ataupun lombok ijo. Tidak ketinggalan lalapan serta sambal kosek sebagai pelengkap.

Fira Triyanti, pemilik Iwak Kali, menuturkan, selain menu yang ditawarkan berbeda dengan tempat kebanyakan, tempat makan yang dikelola bersama dengan suaminya ini juga akan membuat para pelanggan kembali beromantisme dengan hidangan yang tersaji.

Kelebihan lain yang diberikan tempat makannya, sambung dia, variasi ikan yang cukup banyak dan tidak melulu wader. Mengingat selama ini orang banyak kerap mengidentikkan ikan kali dengan wader, padahal jenisnya bermacam-macam.
Sekalipun didatangkan dari Temanggung, ikan kali tidak bisa disimpan terlalu lama di dalam freezer karena membuat ikan rusak. Jadi, biasanya setelah pengiriman, ikan-ikan kali tersebut langsung diolah.Menurutnya, Menggoreng ikan kali juga membutuhkan minyak goreng yang banyak hingga dapat merendam ikan dan dalam kondisi panas.

Sebagai pelepas dahaga, pelanggan bisa memilih es beras kencur yang segar dan terkenal sebagai penambah nafsu makan. Soal harga tidak menjadi kendala, seporsi ikan kali dapat dinikmati mulai dari Rp9.000 dan segelas es beras kencur sudah bisa diteguk hanya dengan merogoh kocek Rp3.000. Selamat mencoba. (Switzy A Sabandar-Harian Jogja )

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya