SOLOPOS.COM - Tangkapan layar teaser video SangiRun Night Trail 2021. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SRAGEN — Pemerintah bakal kembali menggelar lomba lari maraton SangiRun Night Trail di Kawasan Sangiran, Sragen pada 2022 ini. Kompetisi lari malam hari tersebut bakal lebih meriah dengan peserta lokal.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disparpora) Sragen, Teguh Yulianto, menjelaskan perwakilan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memaparkan rencana kegiatan tersebut dengan Pemerintah Kabupaten Sragen belum lama ini.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Event digelar kembali karena menurut pandangan dari penyelenggara, yakni Kemendikbudristek, event yang baru kali pertama digelar pada 2021 itu berhasil. Lalu menjadi kalender tahunan,” kata dia, Senin (7/3/2022).

Baca Juga: Sangirun Night Trail 2021 Diramaikan 100 Pelari, Ada Artisnya Juga 

Ekspedisi Mudik 2024

Pada SangiRun Night Trail 2021 lalu acara digelar secara terbatas dengan hanya sekitar 100 peserta. Itu karena situasi pandemi Covid-19 yang belum begitu aman. Para peserta kebanyakan dari luar kota, terutama dari Jakarta.

“Pada Sangirun Night Trail 2022 bakal ada peserta lokal serta panitia lokal. Rencana ada dua kegiatan berupa Sangirun Night Trail 25K dan Sangirun Night Fun 5K,” jelasnya.

Kedua lomba ini sama-sama akan dilakukan pada malam hari, namun dengan rute dan jarak yang berbeda. Event bakal lebih meriah dengan pencahayaan serta dukungan UMKM setempat. Namun sejauh ini belum ada pembahasan secara teknis dari lintas sektor.

Camat Kalijambe, Rusmanto, mengatakan SangiRun Night Trail 2021 berhasil menarik para pelari profesional meskipun digelar pada malam hari dan pada saat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Festival Sangir Bakal Meriahkan SangiRun Night Trail 2021 November Ini

“Kegiatan ini mendorong ekonomi masyarakat di sekitar lokasi kegiatan. Masyarakat bisa menggelar kegiatan pasar budaya. Setidaknya ini menstimulasi masyarakat jika ada event, persiapan seperti apa yang harus mereka lakukan,” paparnya.

Sebagai informasi, tahun lalu lomba lari SangiRun Night Trail 2021 digelar di kawasan situs manusia purba Sangiran pada 20-21 November 2021. Tahun ini belum dipastikan kapan waktunya.

Kemendikbudristek berkolaborasi dengan Pemkab Sragen, Pemkab Karanganyar, dan komunitas masyarakat. Kompetisi tersebut sebagai upaya memberdayakan masyarakat di Kawasan Sangiran.

Baca Juga: SangiRun Night Trail 2021 Dimeriahkan Instalasi Cahaya 25 Kilometer

Selain itu, kegiatan tersebut dilaksanakan juga untuk memperingati 25 tahun penetapan situs manusia purba Sangiran sebagai warisan budaya dunia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya