Lomba Lari Sangirun 2022 Bakal Beda dan Lebih Menarik, Catat Jadwalnya

Kemendikbudristek menjanjikan ada yang beda pada lomba lari Sangirun 2022 ini. Selain itu jumlah pesertanya ditambah lebih dari dua kali lipat.

 Tangkapan layar teaser video SangiRun Night Trail 2021. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Tangkapan layar teaser video SangiRun Night Trail 2021. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SRAGEN — Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menggelar Sangirun 2022. Lomba lari berskala internasional ini akan digelar di Kawasan Situs Manusia Purba Sangiran yang meliputi Kabupaten Sragen dan Karanganyar pada 16-18 September 2022.

Lomba lari malam hari ini rencananya dikuti 25 pelari internasional dan 250 pelari dalam negeri. Mereka akan menempuh rute berjarak 25 km.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Sangirun 2022 yang mengambil tema Survive and Sparkling itu akan dikemas berbeda dengan Sangirun Night Trail 2021 lalu. Ada tiga event utama yang digelar tahun ini di wilayah Sragen dan  Karanganyar. Kegiatan tersebut meilputi Night Trail Run 2022, Sangiran Fair, dan Pameran Kampung Purba.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid dalam jumpa pers virtual, Rabu (10/8/2022) menerangkan Sangirun 2022 ini tujuannya untuk lebih mendekatkan warisan budaya dunia, Situs Manusia Purba Sangiran, kepada masyarakat. Dalam penyelenggaraan Sangirun 2022, Kemendikbudiresitek berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan komunitas.

Baca Juga: Sangirun Night Trail akan Kembali Digelar 2022, Pelari Lokal Boleh Ikut

“Sangirun ini bukan sekadar kegiatan yang menyenangkan, tetapi lebih pada pengelolaan situs ini ke depannya. Dampak dan manfaat yang diharapkan tentu bagi masyarakat sekitar karena situs tersebut milik semua. Kegiatan ini ke depannya perlu dikembangkan di situs-situs lainnya, seperti situs Trowulan atau Muara Jambi dan seterusnya,” ujar Hilmar.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, mendukung kegiatan Sangirun 2022.  Ada 20 unit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang turut serta dalam Sangiran Fair 2022. Ada pula panggung budaya yang menampilkan atras=ksi anak-anak SMP dan SMA serta dari sanggar seni di Sragen.

“Ada pula workshop tentang pembuatan handycraft yang bisa dinikmati pengunjung. Tambahan yang penting adanya lari fun dengan jarak hanya 4 km. Untuk rute dengan jarak 25 km tentu hanya untuk pelari profesional. Khusus bagi Bupati, Muspida, camat, tidak bisa lari cepat sehingga diperlukan rute pendek yang lebih menyenangkan, yakni 4 km. Hadiahnya cukup menarik. Kami berharap ada kontinuitas  event ini agar ke depan dimasukkan dalam calender event,” ujarnya.

Baca Juga: Sangirun Night Trail 2021 Diramaikan 100 Pelari, Ada Artisnya Juga 

Sementara itu, pembina sekaligus pendiri Komunitas Luar Kotak selaku penyelenggara Sangirun 2022, Andre Donas, menerangkan event kali ini menyempurnakan acara yang sama tahun lalu. Menurutnya pelibatan masyarakat menjadi poin penting dalam event kali ini  untuk menunjukkan potensi mereka.

Sangirun Night Trail 2022 ini dihelat selama tiga hari, 16-18 September 2022. Lomba lari itu dikemas menjadi sesuatu tontonan dan hiburan karena para pelari mengenakan kostum khusus yang bercahaya. Ada juga hutan bercahaya dan hiasa cahaya revolusi. Jumlah obornya pun bertambah banyak,” ujarnya.

Panitia mengundangkan 25 pelari profesional internasional dan membuka pendaftaran untuk 250 orang pelari dalam negeri. Pada 2021 lalu panitia hanya membuka pendaftaran untuk 100 pelari.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kenalkan Dunia Kerja, Solocom Adakan Kunjungan Industri ke Solopos

      Kunjungan Solocom diikuti sebanyak 22 peserta Program Kecakapan Kerja (PKK) dimana ini merupakan program kursus komputer gratis dari pemerintah.

      Solopos Hari Ini: Bertaruh Keselamatan di Bengawan

      Kehadiran jembatan sasak yang menghubungkan Solo dan Sukohario menjadi dilema karena berisiko tinggi, namun juga menjadi jalur alternatif di tengah macetnya lalu lintas akibat pembangunan fisik yang nyaris tanpa jeda.

      Mantap Nih! Farel Prayoga bakal Tampil di Perayaan Hari Batik Nasional di Solo

      Penyanyi cilik ternama Farel Prayoga djadwalkan memeriahkan perayaan Hari Batik Nasional di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 1 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa disimak di sini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 1 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Kemendikbudristek Tetapkan Manuskrip Imam Tabbri Jadi WBTB Pertama Asal Sragen

      Manuskrip Kitab Primbon Imam Tabbri menjadi WBTB pertama di Sragen

      Manuskrip Kitab Primbon asal Sragen Diusulkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

      Kitab Primbon Haji Tabbri dulunya disampaikan dalam tradisi sorongan di Pondok Pesantren Haji Tabbri di Desa Donoyudan, Kecamatan Kalijambe.

      Agenda Solo Hari Ini: Event Batik di Mana-Mana, Ada Acara Makan Gratis juga

      Agenda Kota Solo hari ini, Sabtu (1/10/2022), cukup padat dengan berbagai acara memperingati Hari Batik Nasional yang digelar di beberapa tempat.

      Harga Pertamax di Sragen Turun, Pengelola SPBU Lakukan Penyesuaian Totem

      Pengelola SPBU di Sragen langsung menyesuaikan di seluruh peralatan SPBU setelah ada pengumuman penurunan harga Pertamax mulai Sabtu (1/10/2022).

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 1 Oktober 2022, Tak Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 1 Oktober 2022, Siang Hujan Lebat

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Sabtu Ini: Hujan Siang-Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Sabtu 1 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Sabtu 1 Oktober, Hujan Lagi Siang sampai Malam

      BMKG dalam prakiraan cuaca untuk hari Sabtu (1/10/2022) memprediksi Solo bakal hujan lagi sejak siang hingga malam.

      Jangan Lupa Bawa Payung! Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini akan Hujan Lebat

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Sabtu (1/10/2022) yakni berawan pada pagi hari, kemudian hujan lebat mulai sore hingga malam hari.

      Hati-Hati di Jalan Ya, Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Hujan sejak Siang

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini pada Sabtu (1/10/2022) menurut prakiraan BMKG dimulai berawan hujan sejak siang hari

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Sabtu Ini: Hujan Skala Sedang Sore-Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Sabtu 1 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.