SOLOPOS.COM - (detik)

(detik)

CONNECTICUT–Seperti yang telah diperkirakan, topan dahsyat Sandy benar-benar menerjang wilayah pantai timur Amerika Serikat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gubernur negara bagian Connecticut pun menyerukan ribuan warga di daerah-daerah pantai untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman. Diingatkan sang gubernur, Sandy berpotensi menimbulkan bencana.

Ekspedisi Mudik 2024

Gubernur Dan Malloy mengatakan, para wali kota di daerag-daerah pantai yang padat penduduk, mulai dari Greenwich ke Bridgeport di sebelah timur New York City perlu segera memerintahkan evakuasi warga.

“Saya katakan pada para pemimpin daerah tersebut bahwa orang-orang ini perlu dievakuasi, dan mereka perlu dievakuasi sekarang,” kata Malloy dalam pernyataan seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (30/10/2012).

Malloy menyebut situasi tersebut “sangat buruk”. “Saya mengkhawatirkan semua tentang dampak destruktif gelombang tinggi ini, dan sayangnya, informasi yang kami dapat menguatkan ketakutan saya itu,” tuturnya.

Malloy pun mengungkapkan kekesalannya pada sejumlah warga di pinggir pantai yang tidak mengindahkan imbauan evakuasi.

Sebelumnya, para ahli cuaca mengingatkan bahwa topan mematikan ini bisa berdampak pada sekitar 60 juta jiwa penduduk AS. Para gubernur di sejumlah negara bagian telah mengumumkan keadaan darurat menjelang kedatangan Topan Sandy. Negara-negara bagian tersebut adalah Connecticut, Delaware, Maryland, Massachusetts, New Jersey, New York, North Carolina, Pennsylvania, Vermont, Virginia dan Washington, DC.

Sebelumnya Topan Sandy telah menewaskan 66 orang di Karibia, yang sebagian besar korban berada di Kuba dan Haiti. Banyak korban ditemukan tewas dalam reruntuhan bangunan yang ambruk diterjang badai. Badai juga merusak ratusan rumah dan menyebabkan lahan-lahan pertanian terendam banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya