Sandiaga Uno Pastikan MotoGP Mandalika Tetap Berlangsung

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, memastikan ajang MotoGP 2022 tetap akan digelar di Sirkuit Internasional Mandalika pada Maret nanti.

 Menparekraf Sandiaga Uno memastikan MotoGP Mandalika tetap digelar. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Menparekraf Sandiaga Uno memastikan MotoGP Mandalika tetap digelar. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan ajang MotoGP di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Maret nanti tetap berlangsung.

Sandiaga mengatakan tidak ada perlakuan khusus terhadap pembalap, kru, maupun ofisial yang akan berpartisipasi di gelaran balap motor paling bergengsi di dunia itu. Seluruh orang dari luar negeri menjalankan pola travel bubble, sehingga tidak akan terpisah dari rombongan dengan aktivitas terbatas.

PromosiDekat Golden Triangle, Indonesia Ladang Empuk Jaringan Narkoba Global

“Jadi kami sudah menyampaikan bahwa the show must go on dengan menyiapkan travel bubble yang merupakan best practice yang selama ini dilakukan terhadap kru dan pembalap pada acara serupa sebelumnya,” kata Sandiaga seperti dikutip Antara, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: Jokowi Izinkan MotoGP Mandalika Disaksikan 100.000 Penonton

Hal itu telah diuji coba dalam persiapan perhelatan G20 di Bali dan Jakarta pada Desember 2021 lalu, serta gelaran World Superbike (WSBK) 2021 lalu. Bahkan, persiapan penerapan protokol kesehatan (prokes) perjalanan antarnegara itu akan ditingkatkan agar tidak memicu potensi kasus persebaran Covid-19 baru yang diakibatkan varian Omicron.

“Ini arahan dari Presiden (Joko Widodo) juga. Saya yakin semua pihak bergandengan tangan untuk menyiapkan dan memastikan bahwa MotoGP ini sinyal kepada dunia tentang kesiapan kita untuk menyelenggarakan event internasional, seperti G20 dan konferensi internasional lainnya,” kata Sandiaga.

Ancam Batal

Seperti diketahui, beberapa waktu yang lalu CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta berencana membatalkan ajang MotoGP di Mandalika jika tetap memberlakukan aturan wajib karantina bagi peserta dan kru. Terkait keberatan pihak pemegang hak komersial MotoGP (Dorna Sport) terhadap penerapan prokes ketat untuk kru, pembalap, dan ofisial, Sandiaga menuturkan, pola travel bubble ini disiapkan dengan penuh kehati-hatian dan kewaspadaan.

Baca juga: Juara Dunia WSBK: Balapan di Sirkuit Mandalika Seperti di Rumah

Menurut Sandiaga, panitia penyelenggara MotoGP lokal telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, melalui Satuan tugas (Satgas) Covid-19 berdasarkan prioritas pemerintah untuk pengendalian virus corona tersebut. Sandiaga juga mengungkapkan, pengendalian Covid-19 di Indonesia telah diapresiasi dunia sebagai salah satu yang terbaik atau best practice.

“Tentunya [prestasi pengendalian Covid-19] perlu kita jaga dan ini yang terus kita komunikasikan bahwa ada ketentuan travel bubble, yakni dalam 1×24 jam seluruh kru, pembalap dan juga ofisial akan menjalani ketentuan travel bubble mulai dari ketibaan mereka di bandara sampai di hotel setelah menjalankan tes PCR dan ini telah disesuaikan juga dengan aturan Kementerian Kesehatan,” kata Sandiaga Uno.

Berdasarkan dari pengalaman penyelenggaraan balapan World Superbike WSBK pada 2021 lalu, Sandiaga optimistis gelaran MotoGP di Mandalika akan berkontribusi signifikan untuk peningkatan ekonomi lokal dan juga nasional. Dari segi ekonomi, dia melihat ada peningkatan 20-25 persen dari geliat ekonomi setelah World Super Bike. Ia memprediksi di 2022 ajang MotoGP ini akan berdampak lebih besar minimal tiga kali lipat dari WSBK.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

+ PLUS 5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

UU Buggery yang disahkan parlemen Inggris pada masa pemerintahan Henry III pada 1533 menyatakan homoseksual merupakan perbuatan ilegal. Lima abad kemudian, tepat pada 17 Juli 2013, Inggris melegalkan pernikahan sesama jenis melalui reformasi undang-undang.

Berita Terkini

Aji Santoso Berharap Laga Melawan Persis Membahagiakan, Ini Alasannya

Aji Santoso menyebut hadirnya pendukung Persebaya di stadion membuat para pemain senang.

Media Prancis Sebut Kylian Mbappe Tolak Real Madrid

Kontrak Kylian Mbappe di PSG akan berakhir pada 30 Juni 2022 dan hingga kini belum ada kesepakatan ulang.

Perolehan Medali SEA Games 2021: Sabtu Malam, Filipina Gusur Singapura

Vietnam telah mengumpulkan 180 keping medali emas hingga, Sabtu (21/5/2022) malam WIB.

Wali Kota Surabaya dan Wali Kota Solo Bergabung Hadapi Persebaya Legend

Sebanyak 33.000 suporter diizinkan memasuki Stadion Gelora Bung Tomo untuk menyaksikan langsung laga Persebaya melawan Persis Solo, Minggu (22/5/2022) sore.

Hadapi Persis Solo, Persebaya Surabaya Siap Pasang Pemain Asing

Aji Santoso berharap pertandingan berjalan lancar, meriah dan menarik sehingga penonton maupun pemain dapat menikmati atmosfer selama 90 menit.

Ungguli Mo Salah, Kevin De Bruyne Pemain Terbaik Liga Inggris 2021/2022

Bintang asal Belgia itu kali terakhir memenangi penghargaan serupa pada musim 2019/2020.

Catat, Pebulu Tangkis Asal Klaten Ini Akan Berebut Emas SEA Games 2021

Indonesia juga mengirimkan satu wakilnya pada final ganda putri melalui pasangan anyar, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Lagi, Phil Foden Dinobatkan Sebagai Pemain Muda Terbaik Liga Inggris

Penghargaan tersebut diraih Foden setelah mendapatkan suara terbanyak hasil jajak pendapat penggemar dan panel khusus pilihan Liga Premier.

Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris Final di SCTV, City Atau Liverpool?

Berikut jadwal siaran langsung televisi pertandingan pekan terakhir Liga Inggris yang akan menentukan juara musim 2021/2022.

Ini 23 Pemain PSIS yang Dibawa ke Malang, Tak Ada Marukawa & Fortes

PSIS Semarang mengumumkan daftar 23 nama pemain yang dibawa dalam lawatan menghadapi Arema FC pada laga pramusim atau laga uji coba.

Dampingi Persis Solo Sambangi Surabaya, Begini Komentar Jacksen Tiago

Kapten Persis Solo, Eky Taufik, dalam sesi jumpa pers tim mengatakan sangat mengapresiasi suporter Persebaya Bonek.

Perolehan Medali SEA Games 2021: Sabtu Sore, Peringkat Indonesia Stabil

Hingga tengah hari ini Indonesia telah menambah empat medali emas.

Bulu Tangkis SEA Games 2021: Apri/Fadia Tantang Wakil Thailand di Final

Bertanding di Bac Giang Gymnasium, Bac Giang, Vietnam, Sabtu (21/5/2022), Apri/Fadia hanya butuh waktu 31 menit untuk mengandaskan ganda putri Singapura 21-10, 21-7.

Dua Hari Sebelum Penutupan, Vietnam Sudah Juara Umum SEA Games 2021

Negara peserta masih terus berusaha menambah pundi-pundi medali mereka menjelang penutupan SEA Games 2021.

SEA Games 2021: Seluruh Emas Catur Indonesia Dipersembahkan Atlet Putri

Dengan kemenangan tersebut, tim catur Indonesia memenuhi target yang dicanangkan sebelumnya yakni 3 medali emas atau satu emas lebih banyak dari pencapaian SEA Games 2019.

Perolehan Medali SEA Games 2021 Sabtu Siang: Indonesia Perkukuh Posisi

Hingga tengah hari ini Indonesia telah menambah empat medali emas.