Sandiaga Uno: Kali Pertama Pariwisata Indonesia Ungguli Thailand

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan bahwa untuk kali pertama pariwisata Indonesia bisa ungguli Thailand.

 Menparekraf Sandiaga Uno. (Antara)

SOLOPOS.COM - Menparekraf Sandiaga Uno. (Antara)

Solopos.com, SOLO-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan bahwa untuk kali pertama pariwisata Indonesia bisa ungguli Thailand. Hal ini terlihat  di World Economic Forum Travel and Tourism Development Index, Indonesia naik 12 peringkat dan berhasil mengalahkan Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

“Sekarang Indonesia [pariwisatanya] sudah di atas Thailand pertama kalinya. Jadi, bro dan sis saran saya kalau mau healing benerin feeling, ya di Indonesia saja,” katanya  dalam agenda 10 Tahun Forum Pemred, di Hotel Raffles, di Jakarta, seperti dikutip dari Bisnis.com pada Jumat (5/8/2022).

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Sandiaga Uno menambahkan bahwa pemulihan promosi parwisata Indonesia juga banyak ditopang media, salah satunya dengan pertukaran gagasan melalui pemberitaan di jagat maya.

Baca Juga: Forum Pemred Bentuk Tim Perumus Ekosistem Media, Ini Tujuannya

Menurutnya peran industri media massa sangat mendukung pemulihan sektor pariwisata Indonesia. Menurutnya, pemberitaan mengenai destinasi wisata dan keunikan daerah turut mendorong Indonesia untuk lebih dipercaya di tingkat global sebagai destinasi yang memiliki standar internasional.

“Jadi Indonesia sekarang banyak dipercaya untuk menyelenggarakan event internasional mulai dari MotoGP Mandalika sampai ke ASEAN Paragames, itulah mengapa saya ada di Solo belum lama ini,” ujar Politikus Partai Gerindra itu.

Salah satu peran nyata media massa dalam mengawal kebijakan sektor pariwisata adalah saat tarif masuk ke Candi Borobudur menuai pro dan kontra di tengah masyarakat. “Saya banyak belajar tentang kebijakan pemerintah, apabila dianggap tidak tepat maka koreksi dari media hadir seperti kenaikan tarif borobudur. Itu karena tekanan media akhirnya bisa dilakukan penyesuaian. Kami tunggu [masukan kepada] kebijakan [Pemerintah] ke depan,” tuturnya.

Baca Juga: Airlangga Hartarto di Forum Pemred: Jaga Narasi Positif Jelang Pemilu

Selain menyinggung soal kemajuan pariwisata Indonesia, Sandiaga Uno juga menyebut bahwa Indonesia juga unggul di sisi ekonominya kreatif. Saat ini sudah masuk daftar tiga besar dunia. Indonesia, sambungnya, berada di posisi ketiga setelah Amerika Serikat dengan Hollywood dan Korea Selatan dengan K-pop.

“Indonesia berada di posisi tiga besar dengan Rp1.300 triliun dan 7,5 persen yang bersumber dari ekonomi kreatif,” katanya.

Selain itu, dia juga menyinggung mengenai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 sebagai regulasi yang menjadi terobosan untuk memperkuat sektor ekonomi kreatif di Tanah Air. “Ke depan saya lihat demokrasi kita terus makin matang. Tahun 2024 kita akan terus lakukan kolaborasi dan inovasi. Menurut saya dont worry too much,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Sandiaga di Forum Pemred: Terima Kasih Pers sudah Dukung Pariwisata Indonesia!

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

    Espos Plus

    Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    + PLUS Mengenal Perempuan Pencetus Kali Pertama Teori Pemanasan Global

    Banyak perempuan di dunia sains yang wafat tanpa menyaksikan masyarakat modern hidup dengan memanfaatkan dan mengakui kontribusi mereka. Eunice Newton Foote (1819-1888) adalah pencetus kali pertama teori pemanasan global.

    Berita Terkini

    Komitmen Pemberdayaan UMKM, BRI Gelar Pesta Rakyat Simpedes di Karawang

    PRS merupakan acara yang rutin digelar secara tahunan oleh BRI sejak tahun 2008 sebagai wadah pemberdayaan UMKM.

    Pertumbuhan Ekonomi RI Impresif, Dua Sektor Ini Jadi Penopang Utama

    Sumbangan pertumbuhan ekonomi yang siginifikan juga berasal dari kinerja impresif ekspor Indonesia.

    Pemerintah Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II di Atas Inflasi

    Pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II tahun 2022 masih akan berada sedikit di atas 5 persen atau berada di atas angka inflasi tahunan.

    Dilarang Beli BBM Pakai Jeriken, Ini Cara Pengecer Bisa Berjualan

    Para penjual BBM eceran di Kota Solo menggunakan motor untuk bisa kulakan di SPBU.

    Elon Musk Tantang Debat CEO Twitter, Soal Bot?

    Elon Musk mengajak debat dengan CEO Twitter terkait akun palsu.

    Semester I/2022, Alfamart (AMRT) Buka 600 Gerai Mayoritas di Luar Jawa

    Sekretaris Perusahaan Sumber Alfaria Trijaya Tomin Widian menjelaskan penambahan gerai sejauh ini masih sesuai dengan komitmen Alfamart untuk memperluas jaringan di luar Pulau Jawa.

    PLN Sukses Dukung ASEAN Para Games di Solo Tanpa Kedip

    PLN sukses mendukung pelaksanaan ASEAN Para Games di Solo dengan pasokan listrik andal dan tanpa kedip dari pembukaan hingga penutupan ASEAN Para Games.

    Cara dan Syarat Menukar Uang Rusak di Bank, Bisa Lewat Aplikasi Hlo

    Bagi Anda yang memiliki uang rupiah rusak mungkin bertanya-tanya apakah uang tersebut bisa ditukarkan atau tidak, jawabannya tentu bisa.

    Diungkap! 6 Strategi Kunci Pertumbuhan Bisnis BRI di 2022

    Direktur Utama BRI, Sunarso, mengungkapkan enam strategi bisnis BRI sehingga mampu menjaga kinerja dan pertumbuhan ekonomi.

    Bisakah Satu Orang Memiliki Dua Keanggotaan BPJS Kesehatan?

    Untuk mendapatkan perlindungan di bidang kesehatan, setiap orang di negeri ini wajib memiliki satu saja keanggotaan BPJS Kesehatan. Lantas apakah bisa seseorang memiliki dua keanggotaan BPJS Kesehatan?

    Intip Besaran Gaji Pramugari Garuda Indonesia yang Disebut Fantastis

    Apakah Anda tertarik menjadi awak kabin dan ingin tahu atau sedang mencari informasi tentang besaran gaji pramugari di maskapai nasional Garuda Indonesia? Ini Ulasannya.

    Tutup Rangkaian HUT ke-52, Astra Motor Tanam 10.000 Mangrove

    Astra Motor menutup rangkaian HUT ke-52 dengan berkontribusi di bidang lingkungan melalui penanaman 10.000 bibit pohon bakau yang bertempat di Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang

    Menengok Songdo IBD, Kota Mandiri Cerdas Milik Swasta Terbesar Dunia

    Songdo International Business District (IBD) dikenal sebagai kota mandiri terbesar di Korea Selatan. Kota pintar yang dibangun di area seluas 607 hektare ini disebut-sebut sebagai pengembangan real estate swasta terbesar dalam sejarah.

    Harga Anjlok Parah! Saatnya Beli Emas Antam untuk Investasi Nih

    Harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang Tbk atau Antam Sabtu (6/8/2022) hari ini terpantau turun tajam dari harga kemarin.

    Geram Kasus Pelecehan di Kereta, Erick Thohir: Jika Jadi Korban, Lapor!

    Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong penumpang kereta api tidak segan-segan melapor jika menerima pelecehan seksual seperti kasus di Ciamis.