SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Calon Wakil Presiden (Cawapres), Sandiaga Solahudin Uno, berniat memindahkan markas tim pemenangannya ke Magelang, Jawa Tengah (Jateng). Rencana ini pun ditanggapi dingin Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jateng, Yusuf Chudlori, atau yang akrab disapa Gus Yusuf.

Gus Yusuf menilai kepindahan markas tim pemenangan cawapres nomor urut 02 pada Pilpres 2019 itu tak akan memberikan banyak pengaruh dalam peta kekuatan politik di Jateng. Dukungan masyarakat Magelang kepada capres dan cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin, tidak akan beralih ke pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalau memang Bang Sandi mau berwisata ke Magelang silakan saja. Magelang cocok untuk berwisata karena hawanya sejuk dan damai. Tapi, kalau ingin mengais lumbung suara politk ya harus tahu, kalau Magelang itu sejak 1955 merupakan basis Nahdliyin [mayoritas kader PKB],” ujar Gus Yusuf kepada wartawan, Selasa (18/12/2018).

Ekspedisi Mudik 2024

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo-Sandi Jateng, Abdul Wachid, menyebutkan ada kemungkinan besar Sandiaga memilih markas pemenangannya di Magelang. Namun, kepastian lokasi itu hingga kini masih mengambang.

Sementara,  Sandiaga saat dijumpai wartawan di Semarang, akhir pekan lalu, juga mengaku belum memastikan lokasi markas pemenangannya di Jateng. Alasannya, ia masih mencari lokasi yang tepat sebagai homebase menyusun kekuatan dan koordinasi dengan para sukarelawan.

Sementara itu, Gus Yusuf menilai Jateng, terutama Magelang, masih kental dengan pengaruh Nahdliyin yang dibawa para kiai hingga ke pelosok daerah. Hal itu pun membuat tim pemenangan Prabowo-Sandi akan sulit meraup suara di Jateng yang merupakan basis massa Nahdliyin, sebagai kelompok yang turut mendirikan PKB.

“Jadi kalau Sandi berharap banyak di Pilpres lewat Magelang ya mohon maaf, akan sia-sia. Kalau tinggal di Magelang enggak apa-apa. Sugeng rawuh,” imbuh pengasuh Asrama Perguruan Islam (API) Pondok Pesantren (Ponpes) Salafi, Tegalrejo, Magelang itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya