SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA—Kota San Pedro Sula di Honduras dinobatkan sebagai kota paling berbahaya di dunia, karena maraknya kekerasan dan pembunuhan.

Promosi BRI Group Buka Pendaftaran Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 untuk 6.441 Orang

Paling sedikit tiga pembunuhan terjadi setiap hari di kota itu, dan mayoritas yang menjadi korban adalah kekerasan gang dan sindikat narkoba.

Daftar kota-kota paling berbahaya di dunia disusun oleh lembaga Citizen Council for Public Security Justice and Peace yang bermarkas di Meksiko.

Menurut Kantor Berita Antara pada Senin (1/4) selama 2012 di San Pedro terjadi 1.218 pembunuhan atau 3,3 pembunuhan per hari.

Di urutan dua kota paling berbahaya adalah Acapulco di Meksiko, selanjutnya Caracas di Venezuela dan Distrito Central di Honduras.

Kantor berita Reuters melaporkan tahun lalu San Pedro Sula berada di urutan paling bawah secara ekonomi di seluruh Amerika Selatan, apalagi 70% penduduknya termasuk kategori miskin.

Daily Mail juga melaporkan kelompok atau gang bersenjata menguasai kota tersebut, sedangkan polisi tidak efektif dan korup.

Berandalan jalanan yang biasa disebut ‘Maras’ kini menjadi sindikat kejahatan yang penuh kekerasan.

Sementara itu, mafia narkoba Meksiko membeli tanah-tanah di kota itu dan merekrut anggota pasukan eksekutor.

Hampir setengah penghuni penjara belum divonis dan menunggu sidang dapat hingga bertahun-tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya