Samsung Punya Teknologi Smartphone Layar Transparan
Konsep smartphone layar transparan Samsung visualisasi dari Let's Go Digital. (en.letsgodigital.org)

Solopos.com, SEOUL -- Raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung, melangkah lebih jauh dengan desain smartphone layar transparan nyaris tanpa bezel. Samsung telah mengajukan desain ini untuk mendapatkan hak paten.

Canon Ajukan Teknologi Pendingin Aktif untuk Lensa Kamera DSLR

Dilansir Phone Arena, Kamis (10/9/2020), menurut dokumen paten, teknologi tersebut memungkinkan perangkat transparan secara keseluruhan. Meski begitu, fungsionalitas tampilan layar dapat bekerja secara penuh.

Untuk membantu memvisualisasikan desain futuristik ini, LetsGoDigital berkolaborasi dengan seniman 3D Giuseppe Spinelli. Kolaborasi ini bakal membuat serangkaian render dari teknologi yang dipatenkan. Hasilnya, penampilan desain itu menggambarkan One UI klasik dalam tampilan yang jernih.

Raksasa Teknologi Berbondong-Bondong Investasi ke India, Ada Apa?

Meski begitu, perangkat semacam itu murni konseptual untuk saat ini. Banyak aspek desain lainnya perlu dikembangkan lebih lanjut yang memungkinkan terciptanya smartphone transparan.

Untuk mewujudkan konsep tersebut menjadi kenyataan, Samsung perlu membuat versi transparan dari komponen internal ponsel atau menemukan cara memasukkannya ke dalam bezel super tipis perangkat.

Ilustrasi dokumen paten layar smartphone transparan milik Samsung. (Istimewa)
Dokumen paten layar smartphone transparan milik Samsung. (Istimewa)

Desain ponsel transparan juga menimbulkan pertanyaan mengapa ada pengguna yang menginginkan tampilan transparan. Karena tampaknya mempublikasikan penggunaan smartphone kepada orang-orang sekitar bukanlah ide yang cerdas.

Keren, Teknologi AR Kini Bisa Pindahkan Obyek Nyata ke Photoshop

Meski begitu, tampilan tersebut mungkin memiliki sejumlah kemungkinan manfaat, seperti penggunaan layar sentuh dua sisi dan manfaat besar untuk pengalaman AR.

Perusahaan lain juga telah menunjukkan ketertarikan pada konsep serupa, seperti paten layar transparan Sony pada 2018 atau Concept One dari OnePlus. Meskipun kemungkinan dari desain modern ini masih belum jelas, tapi ini jelas merupakan konsep yang menarik untuk diperhatikan.

Sumber: Suara.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom