Kategori: Solo

Sampul Muka Solopos Edisi Hari Batik Diganjar Silver Award IPMA 2021


Solopos.com/Mariyana Ricky P.D

Solopos.com, SOLO -- Harian Umum Solopos meraih dua penghargaan pada ajang Indonesia Print Media Award atau IPMA 2021. Tak hanya itu, dua saudara Solopos, yakni Harian Jogja dan Bisnis Indonesia, juga menyabet penghargaan pada ajang yang sama.

Sampul atau cover Koran Solopos berjudul "Penjaga Tradisi" edisi spesial Hari Batik Nasional terbitan Jumat (2/10/2020) diganjar Silver Winner IPMA Kategori Suratkabar Terbaik. Begitu juga Harian Jogja edisi Selasa (14/4/2020).

Solopos juga meraih Silver Winner untuk IPMA Kategori Editorial edisi Senin (28/12/2021). Editorial berjudul "Optimisme dan Pesimisme Setelah Perombakan Kabinet" tersebut membahas Presiden Joko Widodo yang melantik enam menteri baru dan lima wakil menteri.

Baca Juga: Pelantikan Bupati-Wabup Klaten Enggak Pakai Acara Makan-Makan

Perombakan pertama dalam pemerintahan periode kedua Presiden Joko Widodo itu diharapkan memunculkan optimisme. Sementara saudara Solopos, Bisnis Indonesia, meraih Gold Winner IPMA 2021 Kategori Suratkabar Harian Nasional Terbaik untuk edisi Minggu, 1 November 2020.

Selain itu juga penghargaan Gold Winner IPMA Kategori Infografis Suratkabar Terbaik untuk edisi Minggu (20/12/2020). Ajang penghargaan tahunan itu kali ini mengusung tema "Innovative Collaboration Beyond Pandemic”. Penghargaan persembahan Serikat Perusahaan Pers (SPS) itu melibatkan sembilan dewan juri.

Mereka meliputi Ahmad Djauhar (Dewan Pers), Asmono Wikan (Sekretaris Jenderal SPS Pusat), Danu Kusworo (Redaktur Foto Harian Kompas), dan Ika Sastrosoebroto (President Director Prominent PR).

Baca Juga: Pasien Covid-19 di RSUD Sukoharjo Jauh Berkurang, Separuh Lebih Bed Isolasi Kosong

Penjurian

Kemudian Ndang Sutisna (Direktur Eksekutif First Position Group), Oscar Matulloh (Kurator dan Pewarta Foto Independent), dan Mas Sulistyo (Design Director DM ID).

Berikutnya Nina Mutmainnah (Ketua Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI), dan Agus Sudibyo (Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri Dewan Pers). Proses penjurian dilakukan secara offline dan online pada awal Februari 2021 yang diikuti 307 karya.

Perinciannya, 232 karya sampul muka dan 73 karya konten terbaik, dari 86 perusahaan penerbitan di seluruh Indonesia. Ketua Harian Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat, Januar P Ruswita, menyebut penganugerahan tahun ini adalah kali ke-12 sejak 2010.

Baca Juga: Jumlah Kasus Covid-19 Solo Terus Menurun, RS Ingin Alihfungsikan Ruang Isolasi 

Hal itu menjadi bukti bahwa perkembangan media massa cetak begitu dinamis. Terlebih sejak awal tahun lalu, industri media massa cetak mengalami tantangan berbeda akibat terjangan pandemi Covid-19.

“Media cetak terus beradaptasi, berinovasi, hingga bertransformasi mengikuti perkembangan zaman. Termasuk di masa sulit seperti pandemi. Semoga penghargaan ini bisa memantik semangat bagi insan pers untuk menghasilkan karya yang lebih baik,” katanya dalam keterangan persnya.

Share
Dipublikasikan oleh
Suharsih