SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Pedagang Buah JIBI/Harian Jogja/Antara

Foto Ilustrasi Pedagang Buah
JIBI/Harian Jogja/Antara

JOGJA – Sejumlah buah impor yang diujikan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) DIY positif mengandung formalin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

BKPP sebelumnya telah mengujikan 35 sampel buah impor ke Balai Laboratorium Kesehatan Jogja. Buah itu berasal dari sejumlah pasar dan supermarket yang ada di Jogja. Hanya berapa jumlah dan jenis apa yang mengandung zat pengawet mayat itu tidak dijelaskan secara rinci.

Tapi dapat dipastikan sejumlah sampel buah itu mengandung formalin. “Iya seperti itu [mengandung formalin],” kata Kepala BKPP DIY Asikin Chalifah kepada Harian Jogja saat disinggung hasil pengujian itu, Jumat (17/5).

Buah berformalin itu menurutnya tersebar di sejumlah lokasi. Sebagaimana diketahui 35 sampel buah impor itu diambil dari pusat buah seperti Pasar Giwangan, Gamping, dan dua supermaket.

Menindaklanjuti hasil uji laboratorium itu, BKPP akan menggelar pertemuan dengan instansi terkait yang tergabung dalam tim sistem keamanan pangan terpadu. Rencananya pertemuan akan digelar Senin (20/5) pekan depan. Tujuannya untuk menentukan langkah strategis pengawasan terhadap buah berformalin.

Pertemuan ini digelar begitu Asikin mendapatkan laporang hasil pengujian itu dari stafnya Jumat kemarin. “Ini sangat urgent,” ujar Asikin.

Tim itu di antaranya terdiri dari Dinas Perindustrian Perdagangan DIY, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) DIY, dan lainnya.

Asikin mengatakan tim sistem keamanan selama ini terdapat tiga kelompok, yakni tim pengawasan, promosi, dan pengkajian. “Yang diutamakan saat ini pada pengawasannya,” katanya.

Selebihnya bagaimana sistem pengamanan itu akan dilakukan, Asikin malah meminta Harian Jogja untuk mengikuti kegiatan pertemuan pada Senin itu. Dalam pertemuan itu, BKPP juga mengaku akan blak-blakan akan hasil pengujian itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya