SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO—Kasus kekerasan seksual yang menimpa anak-anak di Kulonprogo dinilai memprihatinkan. Hingga November 2011 ini, Unit PPA Satreskrim Polres Kulonprogo mencatat sebanyak 25 anak di bawah umur menjadi korban pelecehan seksual baik yang dilakukan orang dewasa maupun pasangannya.

Kasubag Humas Polres Kulonprogo, AKP Hendri Multi mengatakan, banyaknya anak di bawah umur yang menjadi korban kekerasan seksual disebabkan sejumlah faktor. Selain faktor lingkungan, katanya, tidak sedikit juga dipengaruhi oleh kurangnya perhatian dari orang tua.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Banyaknya kasus anak yang menjadi korban kekerasan seksual, disebabkan beberapa faktor. Misalnya, lingkungan di keluarga di mana orang tua sibuk dengan pekerjaannya dan kurang memperhatikan anak-anaknya,” ungkap dia saat ditemui di kantornya, Selasa (22/11).

Selain kurangnya dukungan dari orang tua, keluarga dan masyarakat di sekitar, faktor lain yang juga berpengaruh adalah perkembangan tekhnologi informasi saat ini. Menurut Hendri, gencarnya arus tekhnologi informasi saat ini menimbulkan dampak negatif tersendiri di masyarakat.

“Orang tua dengan mudah membelikan anak ponsel. Namun tidak mengawasi penggunaannya. Apakah anak melihat hal-hal yang berbau porno dan sebagainya. Di sinilah, peran dan perhatian orang tua juga perlu dilakukan dengan mengawasi si anak. Di sini juga polisi desa memiliki peran untuk penyuluhan,” ujarnya.

Pejabat Sementara (Pjs) Kanit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Kulonprogo Aipda Siwi Setyaningsih mengatakan, hingga November 2011 ini tercatat 25 anak menjadi korban kekerasan seksual. Yang terbaru, tambah dia, adalah kasus pencabulan yang dilakukan oleh seorang Pembina Pramuka kepada 4 siswi SDN Karangsari 2, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo.(Harian Jogja/Abdul Hamied Razak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya