SOLOPOS.COM - Ilustrasi Car Free Night (JIBI/Solopos/Dok)

Tahun Baru 2018 disambut dengan car free night di Solo.

Solopos.com, SOLO — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo menyiagakan 240 anggota pasukan kuning untuk mengantipasi membeludaknya sampah saat pergantian tahun. Diprediksi sampah yang muncul mencapai 8 ton.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala DLH Solo Hasta Gunawan ketika dijumpai wartawan seusai apel pagi di Balai Kota Solo, Jumat (29/12/2017),  mengatakan petugas kebersihan mulai disebar sejak pukul 00.00 WIB hingga selesai.

Petugas langsung membersihkan sampah seusai perayaan pergantian tahun di Car Free Night (CFN) Jl. Slamet Riyadi dari Purwosari hingga Gladak, juga lokasi keramaian lain, seperti Manahan, Jl. Jenderal Sudirman, Jl. Urip Sumoharjo, dan lainnya.

“Yang jelas pesta perayaan rampung, jalan-jalan sudah bersih,” kata Hasta Gunawan. Hasta menduga sampah akan mengalami lonjakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Sampah terbanyak berupa kertas bekas makanan, plastik minuman warga yang beraktivitas di CFN.

Hasta juga mengimbau komunitas-komunitas yang menyelenggarakan acara selama pergantian tahun untuk bertanggung jawab dalam setiap kegiatan mereka, termasuk membersihkan sampah di lokasi seusai acara.

Hasta mengatakan volume sampah terus meningkat dari tahun ke tahun. Rata-rata per tahun volume sampah naik tujuh persen di mana sampah harian mencapai 250 ton. Kenaikan volume sampah dikarenakan banyaknya sampah dari luar daerah masuk ke Kota Solo.

Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo meminta warga ikut menjaga kebersihan selama gelaran pergantian tahun. Menurutnya keterlibatan warga dalam menjaga kebersihan lingkungan sangat penting.

“Minimal sampah petasan atau bekas bungkus kembang api juga tidak ada. Karena sudah ada larangan menyalakan petasan atau kembang api,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya