Sampah Meluber di Tengah Jalan Usai CFD di Solo, Begini Respons DLH

DLH Kota Solo merespons keberadaan bak sampah plastik yang isinya meluber di tengah Jl. Slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah seusai pelaksanaan Solo Car Free Day (CFD) pada Minggu (22/5/2022).

 Bak sampah dipenuhi bungkus makanan dan minuman meluber di Jl, Slamet RIyadi seusai CFD Solo, Minggu (22/5/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Bak sampah dipenuhi bungkus makanan dan minuman meluber di Jl, Slamet RIyadi seusai CFD Solo, Minggu (22/5/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Keberadaan bak sampah plastik yang isinya meluber di tengah Jl. Slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah seusai pelaksanaan Solo Car Free Day (CFD) pada Minggu (22/5/2022) mendapatkan tanggapan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo.

Sebelumnya, Solopos.com mengunggah foto kondisi bak sampah yang dipenuhi bungkus makanan dan minuman hingga meluber di tengah Jl. Slamet Riyadi Solo seusai CFD pada Minggu.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Bak sampah diletakkan di tengah jalan agar warga tidak membuang sampah sembarangan saat CFD. Namun, bak tersebut terlambat dipindahkan setelah CFD selesai dan arus kendaraan telah dibuka.

Hal itu membuat kawasan jalan protokol Slamet Riyadi menjadi terkesan kumuh dan rawan menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Kejadian tersebut pada Minggu pukul 09.05 WIB di depan salah satu rumah makan di Jl. Slamet Riyadi.

Pantauan Solopos.com, masih ada warga yang nekat membuang sampah ke bak sampah tersebut. Padahal isinya sudah meluber.

Baca Juga : Tumpukan Sampah Meluber di Tengah Jalan Seusai CFD di Solo

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) DLH Solo, Arthaty Mulatsih, mengatakan penanganan sampah saat CFD dilakukan oleh Disdag dan DLH. “Kolaborasi [DLH dan Disdag],” jelas Arthaty kepada Solopos.com, Jumat (13/5/2022).

Saat diwawancara ihwal bak sampah di tengah-tengah kendaraan yang melintas, Arthaty mengatakan pengangkutan dan pembersihan sampah di area CFD berlangsung sekitar pukul 09.00 WIB.

Sementara itu, menurut dia, jumlah petugas DLH terbatas. Sehingga, lanjutnya, pengangkutan bak sampah saat CFD tidak bisa dilakukan serentak. Padahal, kendaraan sudah boleh melintas kembali di Jl Slamet Riyadi pukul 09.00 WIB.

Respons DLH Solo

“Pukul 09.00 WIB kan memang kendaraan sudah boleh lewat. Padahal tempat sampah dipinggirkan juga sekitar 09.00 WIB. Tapi jumlah petugas terbatas. Jadi tidak bisa serentak langsung semua dipinggirkan. Tapi jadi bahan evaluasi kita,” tulis Arthaty, Minggu (22/5/2022).

Baca Juga : Video Viral Wali Kota Gibran Punguti Sampah di CFD Solo

Peletakan bak sampah di tengah jalan tersebut bermula saat DLH menerima keluhan dari pengunjung CFD pada Minggu lalu. Ada pengunjung yang mengatakan tempat sampah yang disediakan tidak tampak karena berada di pinggir jalan.

Hal itu membuat DLH berinisiatif meletakkan bak sampah di tengah jalan. “Minggu kemarin, tempat sampah ditaruh di pinggir. Banyak yang bilang tidak ada tempat sampah karena mungkin kurang terlihat. Ini kami coba di tengah, tapi memang perlu proses mengangkutnya,” jelasnya.

Arthaty kembali menekankan pentingnya penyediaan kantong plastik untuk tempat sampah di masing-masing lapak pedagang. Hal itu akan memudahkan pembeli menemukan tempat sampah di sepanjang jalan.

Selain itu, penyediaan kantong sampah oleh masing-masing pedagang juga memudahkan petugas DLH mengangkut sampah.

Baca Juga : Lebih Ramai, Pengunjung CFD Jl Slamet Riyadi Solo Padat Umpel-Umpelan

“Kalau masing-masing pedagang menyediakan tempat sampah atau trashbag di depan lapaknya maka setelah CFD masing-masing pedagang bertanggung jawab mengumpulkan sampah di titik yang disediakan. [Itu] akan sangat membantu menciptakan kondisi yang bersih dengan segera,” imbuh dia.

DLH juga mengatakan sudah menyampaikan permasalahan sampah tersebut kepada Disdag Solo selaku dinas yang bertugas mengoordinasi pedagang yang berjualan saat CFD. “Sudah kami sampaikan ke Disdag,” pungkasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Cuaca Sragen Hari Ini Diperkirakan Berawan, Cocok Untuk Jalan-Jalan

Cuaca di Sragen hari ini diperkirakan bakal berawan dengan suhu udara yang tak terlalu panas. Simak ulasan lengkap prakiraan cuaca Sragen pada artikel ini.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini Cukup Bersahabat

Cuaca Karanganyar hari ini diprediksi akan berawan hampir sepanjang hari, kecuali di sore hari yang berpotensi turun hujan ringan.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Sabtu 25 Juni 2022 Ini: Siang Mulai Hujan

Informasi tentang prakiraan cuaca Boyolali pada hari Sabtu (25/6/2022) tersaji dalam artikel berikut ini.

Aman Lur, Prakiraan Cuaca Solo Sabtu Malam Ini Solo Tidak Hujan

Prakiraan cuaca Kota Solo menurut BMKG pada Sabtu (25/6/2022) ini lebih banyak berawan dan hanya diwarnai hujan ringan sore hari.

Mau Malam Mingguan? Cek Prakiraan Cuaca Sukoharjo Sabtu 25 Juni 2022

Ulasan tentang prakiraan cuaca wilayah Sukoharjo, Jumat (25/6/2022) hari ini, tersaji lengkap dalam artikel berikut.

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Sabtu Ini: Hujan Lebat Sore

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Sabtu 25 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Sabtu Ini: Hujan Siang-Malam

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Sabtu 25 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Ini Dia Calhaj Termuda Embarkasi Solo, Usianya 18 Tahun Asal Banyumas

Calhaj termuda Embarkasi Solo saat ini tercatat atas nama Muhammad Ishak Al Kasari, asal Banyumas, yang berusia 18 tahun.

Suporter PSIS dan PSS Melintas di Kartasura, Polisi: Jaga Kondusivitas!

Polisi menerjunkan ratsuan personel untuk pengamanan rute dan pengawalan suporter yang melintasi wilayah Kartasura.

Atlet Paralayang Jateng Latihan di Puncak Joglo Wonogiri, Ini Jadwalnya

Puluhan atlet paralayang Jawa Tengah (Jateng) berlatih di Puncak Joglo Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri selama tiga hari, Jumat-Minggu (24-26/6/2022).

Jemaah Selawat Bulan Bung Karno Membeludak Sampai Luar Vastenburg Solo

Jemaah tahlil akbar dan selawat Bulan Bung Karno yang digelar DPC PDIP Solo menghadirkan Habib Syech membeludak sampai di luar Benteng Vastenburg.

Warga Karangturi Klaten Pilih Bangun Rumah Tahan Gempa, Alasannya?

Membangun rumah dengan konstruksi tahan terhadap guncangan gempa menjadi keniscayaan bagi mereka yang tinggal di daerah rawan gempa bumi. Hal itu, seperti yang dilakukan warga Desa Karangturi, Kecamatan Gantiwarno.

Ganjar-Rudy Absen Selawatan Bulan Bung Karno Bareng Habib Syech Di Solo

Ganjar Pranowo dan FX Hadi Rudyatmo tidak tampak menghadiri acara tahlil akbar dan selawat Bulan Bung Karno di Benteng Vastenburg Solo.

Hii! Ular Sanca Ini di Atap Kamar Mandi Milik Warga Wuryorejo Wonogiri

Seekor ular Sanca Kembang ditemukan di atap kamar mandi milik warga di Lingkungan Donoharjo, Kelurahan Wuryorejo, Kabupaten Wonogiri, Kamis (23/6/2022) malam.

Cicipi Beras Kencur di Kafe Jamu Nguter, Delegasi G20: Rasanya Segar

Didampingi Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, delegasi negara anggota G20 tiba di Pasar Jamu Nguter, sekitar pukul 16.30 WIB.