SOLOPOS.COM - Kelompok sukarelawan membersihkan  di area Alun-alun Karanganyar dari sampah, Kamis (18/8/2022) seusai Karnaval Jalan kaki Pemkab Karanganyar. (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Karnaval Jalan kaki Pemkab Karanganyar, Kamis (18/8/2022) menyisakan sampah yang ditinggalkan warga yang menonton event tersebut.

Sampah berserakan tidak hanya terlihat di Alun-alun Karanganyar yang menjadi lokasi pemberangkatan. Namun, juga sepanjang Jl. Lawu yang dilewati peserta pawai.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kondisi seperti ini ternyata sudah diansitipasi. Beberapa kelompok sukarelawan di Kabupaten Karanganyar langsung mengambil sampah-sampah tersebut.

Salah satunya adalah sekelompok sukarelawan muda yang tergabung dalam Pramuka Peduli (Pramuli) Karanganyar. Setelah rombongan paling akhir pawai diberangkatkan dari Alun-alun sekitar pukul 16.00 WIB, mereka langsung melakukan pembersihan lokasi.

Baca Juga: Di Karnaval Jalan Kaki, Bupati & Pejabat Karanganyar Naik Kuda

Mereka memunguti plastik-plastik bekas makanan dan minuman yang berada di lapangan alun-alun, trotoar, maupun jalanan di sekitarnya.

Sampah tersebut dimasukkan ke dalam kantong sampah (trash bag), kemudian dikumpulkan di dekat tong-tong sampah yang tersedia di sekitar alun-alun untuk dibawa petugas kebersihan.

Salah satu anggota Pramuli Karanganyar, Dwi Kirian Setiawan,  mengatakan sukarelawan dari kelompoknya yang bertugas kali ini berjumlah 20 orang. “Kami ada 20 orang yang bersama-sama memungut sampah, khusus di Alun-alun,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Nugroho, mengatakan sejumlah kelompok sukarelawan Karanganyar sengaja dilibatkan dalam aksi pembersihan sampah tersebut.

Baca Juga: 

Warga Karanganyar Tumplek Blek Nonton Karnaval, Bupati Jadi RM Said

“Intinya kami membantu panitia untuk membersihkan sampah. Karena setelah pawai karnaval ini sampahnya banyak sekali. Ada beberapa kelompok sukarelawan yang kami libatkan dalam pembersihan,” ujarnya.

Para sukarelawan tersebut juga mebersihkan sampah di sepanjang Jl. Lawu yang menjadi rute pawai karnaval. “Untuk yang di Jl. Lawu, begitu rombongan karnaval terakhir sudah lewat, kami langsung punguti sampah jalanan,” ujarnya.

Ia mengimbau agar masyarakat lebih peduli kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Terlebih, pada Jumat (19/8/2022) masih ada kegiatan besar lainnya, yakni panggung hiburan di Alun-Alun Karanganyar dengan bintang tamu Nella Kharisma dan Dory Harsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya