Sambut HUT RI, Warga dan Eks Napiter Boyolali Heboh Lomba Mancing Mania

Seratusan warga Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, serta stakeholder pemerintahan di kecamatan setempat menggelar lomba memancing disertai pengibaran bendera dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI dan meningkatkan nasionalisme di desa setempat, Minggu (14/8/2022).

 Serangkaian acara lomba memancing dan pengibaran bendera dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI sekaligus menumbuhkan semangat nasionalisme bagi warga dan mantan narapidana terorisme di Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, Minggu (14/8/2022). (Istimewa/Diskominfo Boyolali).

SOLOPOS.COM - Serangkaian acara lomba memancing dan pengibaran bendera dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI sekaligus menumbuhkan semangat nasionalisme bagi warga dan mantan narapidana terorisme di Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, Minggu (14/8/2022). (Istimewa/Diskominfo Boyolali).

Solopos.com, BOYOLALI – Seratusan warga Desa Bendan, Kecamatan Banyudono, Boyolali, serta stakeholder pemerintahan di kecamatan setempat menggelar lomba memancing disertai pengibaran bendera dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI di desa setempat, Minggu (14/8/2022).

Acara tersebut diadakan dalam rangka menyambut HUT ke-77 RI sekaligus meningkatkan nasionalisme para mantan narapidana terorisme (eks napiter) di desa setempat.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Dilansir dari situs resmi pemkab.boyolali.go.id yang tayang, Senin (15/8/2022), Warga dan unsur pemerintahan Kecamatan Banyudono mengibarkan bendera merah putih di lokasi pemancingan dikomandoi langsung Danramil 08/Banyudono Kodim 0724/Boyolali , Kapten Inf Budiyanto.

Setelah itu, warga dan stakeholder Kecamatan Banyudono menebarkan benih ikan untuk kemudian dipancing bersama.

Kapten Inf. Budiyanto mengatakan pengibaran bendera merah putih tersebut diikuti berbagai unsur pemerintah di kecamatan setempat mulai dari mulai dari TNI, Polri, Kesbangpol, Badan Intelejen Negara (BIN), hingga perangkat setempat.

Baca juga: Sambut HUT RI, Warga Krakitan Klaten Bikin Es Puter Merah Putih

“Pengibaran bendera ini untuk menyosong Hari Kemerdekaan ke-77 RI. Dan untuk meramaikan kegiatan ini kita lakukan tebar benih ikan sekaligus lomba mancing ikan,” katanya kepada wartawan, Minggu (14/8/2022).

Budiyanto mengatakan pengibaran bendera merah putih ini bertujuan penyadaran diri warga eks napiter yang berada di desa tersebut.

“Kami bersyukur eks napiter ini sudah mau kembali ke NKRI, dan kembali kemasyarakat. Mereka sudah mau menghormat bendera. Dan kita lakukan pengibaran bendera secara bersama sama warga di sini [desa setempat],” jelas Danramil.

Budiyanto mengatakan mantan napiter yang sudah kembali ke NKRI ini kembali diterima oleh masyarakat dan kemudian berbaur dengan warga sekitar.

“Ya, setelah kembali ke masyarakat ini, semoga mereka dapat berbuat yang lebih baik untuk lingkungannya serta kembali berbaur dengan masyarakat,” ujar dia.

Baca juga: Rayakan HUT, Desa Kemuning Karanganyar Ingin Gelar Festival Balon Udara

Danramil berharap, dengan adanya kegiatan tersebut warga masyarakat dapat menerima kehadiran mereka, terjadi interaksi yang baik ditengah masyarakat.

“Semoga mereka (eks napiter) ke depan lebih baik ekonominya. Ya, kalau warga disini sudah menerima kembali dan semoga menjadi interkasi yang baik,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Boyolali, Arif Budi Nuranto mengatakan, pengibaran bendera merah putih merupakan bentuk penanaman rasa cinta Tanah Air. Sekaligus kegiatan untuk menyongsong HUT RI.

“Ini bentuk cinta kita kepada NKRI, kita kibarkan bendera secara bersama sama sebelum melakukan lomba mancing,” kata dia.

Ikan yang ditebar untuk lomba mancing sebanyak 700 ikan lele di tiga kolam. Bagi warga yang berhasil mendapat ikan yang diberi tanda pita berhak mendapat hadiah dari panitia.

Baca juga: Difabel Boyolali Adu Ketangkasan Jumping Kursi Roda Meriahkan HUT RI

“Pengelola kolam ini diberi nama kelompok Karya Bhakti Kunden. Kebetulan dengan kegiatan ini sambutan warga disini antusias dan cukup meriah,” kata Arif.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kenalkan Dunia Kerja, Solocom Adakan Kunjungan Industri ke Solopos

      Kunjungan Solocom diikuti sebanyak 22 peserta Program Kecakapan Kerja (PKK) dimana ini merupakan program kursus komputer gratis dari pemerintah.

      Solopos Hari Ini: Bertaruh Keselamatan di Bengawan

      Kehadiran jembatan sasak yang menghubungkan Solo dan Sukohario menjadi dilema karena berisiko tinggi, namun juga menjadi jalur alternatif di tengah macetnya lalu lintas akibat pembangunan fisik yang nyaris tanpa jeda.

      Mantap Nih! Farel Prayoga bakal Tampil di Perayaan Hari Batik Nasional di Solo

      Penyanyi cilik ternama Farel Prayoga djadwalkan memeriahkan perayaan Hari Batik Nasional di Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 1 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa disimak di sini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 1 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Kemendikbudristek Tetapkan Manuskrip Imam Tabbri Jadi WBTB Pertama Asal Sragen

      Manuskrip Kitab Primbon Imam Tabbri menjadi WBTB pertama di Sragen

      Manuskrip Kitab Primbon asal Sragen Diusulkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

      Kitab Primbon Haji Tabbri dulunya disampaikan dalam tradisi sorongan di Pondok Pesantren Haji Tabbri di Desa Donoyudan, Kecamatan Kalijambe.

      Agenda Solo Hari Ini: Event Batik di Mana-Mana, Ada Acara Makan Gratis juga

      Agenda Kota Solo hari ini, Sabtu (1/10/2022), cukup padat dengan berbagai acara memperingati Hari Batik Nasional yang digelar di beberapa tempat.

      Harga Pertamax di Sragen Turun, Pengelola SPBU Lakukan Penyesuaian Totem

      Pengelola SPBU di Sragen langsung menyesuaikan di seluruh peralatan SPBU setelah ada pengumuman penurunan harga Pertamax mulai Sabtu (1/10/2022).

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 1 Oktober 2022, Tak Bersahabat

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 1 Oktober 2022, Siang Hujan Lebat

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Sabtu (1/10/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Sabtu Ini: Hujan Siang-Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Sabtu 1 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Sabtu 1 Oktober, Hujan Lagi Siang sampai Malam

      BMKG dalam prakiraan cuaca untuk hari Sabtu (1/10/2022) memprediksi Solo bakal hujan lagi sejak siang hingga malam.

      Jangan Lupa Bawa Payung! Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini akan Hujan Lebat

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Sabtu (1/10/2022) yakni berawan pada pagi hari, kemudian hujan lebat mulai sore hingga malam hari.

      Hati-Hati di Jalan Ya, Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini Hujan sejak Siang

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini pada Sabtu (1/10/2022) menurut prakiraan BMKG dimulai berawan hujan sejak siang hari

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Sabtu Ini: Hujan Skala Sedang Sore-Malam

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Sabtu 1 Oktober 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.