SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan musim kemarau di beberapa daerah di Indonesia diperkirakan akan berakhir di awal Oktober.

“Perkiraan kami hujan akan dimulai pada awal Oktober namun setiap daerah berbeda-beda awal musim penghujannya,” kata Kepala Bidang Informasi Iklim BMKG, Evi Lutfiati, di Jakarta, Senin (15/9/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Daerah yang musim penghujannya jatuh pada awal Oktober 2014 di antaranya adalah Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali. Untuk daerah lain, musim penghujan diperkirakan jatuh di awal November yang mencakup sebagian wilayah Jawa Tengah, Aceh, serta daerah lainnya.

“Untuk daerah yang saat ini mengalami musim kemarau akan berakhir paling banyak di bulan November karena di bulan itu akan turun hujan,” ucapnya.

Dikatakannya, awal musim penghujan di beberapa daerah yang saat ini sedang mengalami musim kemarau diperkirakan berakhir antara Oktober dan November.

Periode musim kemarau saat ini tidak panjang karena hanya berkisar empat hingga enam bulan. Kekeringan di sejumlah daerah pun masih bersifat normal. “Kemarau kali ini tidak begitu parah karena masih ada diselingi dengan hujan walapun curah hujan yang terjadi sedikit,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya