Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Wuryantoro, melakukan penanaman pohon di kompleks Makodam IV Diponegoro, Kota Semarang, Senin (12/11/2018). (Istimewa-Humas Kodam IV Diponegoro)

Solopos.com, SEMARANG — Peringatan Hari Juang Kartika ke-73 yang jatuh pada 15 Desember 2018 memang masih cukup lama. Meski demikian, berbagai kegiatan sudah digelar prajurit TNI Kodam IV Diponegoro sejak jauh hari.

Salah satu kegiatan untuk menyambut hari yang dulunya bernama Hari Infanteri di lingkungan Makodam IV Diponegoro adalah penghijauan. Penenaman pohon di kompleks Makodam IV Diponegoro, Kota Semarang, tersebut digelar Senin (12/11/2018).

Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto, mengatakan kegiatan penghijauan selain untuk menyambut Hari Juang Kartika juga bertujuan menjadikan lingkungan Makodam Diponegoro sebagai daerah resapan air. Selain itu, juga untuk menjadikan lingkungan makodam sebagai lahan terbuka hijau yang sejuk dan asri, sehingga bisa mengurangi dampak pemanasan global.

Dalam kegiatan itu, sebanyak 75 batang pohon kelengkeng dengan ketinggian 1,5 meter ditanam di lahan seluas kurang lebih ¼ hectare. Pohon kelengkeng jenis new kristal yang daging buahnya tebal, renyah, dan bercita rasa super manis.

Selain itu, kelengkeng jenis itu bersifat genjah dan dapat berbuah sepanjang tahun, sehingga sangat diminati masyarakat.

“Semoga dengan kegiatan ini bisa membuat lahan terbuka hijau yang sejuk, sehingga kita turut andil dalam mengurangi dampak pemanasan global,” ujar Pangdam dalam keterangan resmi.

Selain melakukan penanaman pohon, dalam kegiatan itu juga dibuat 13 kolam lele. Pemanfaatan lahan kolam itu merupakan upaya Kodam IV Diponegoro dalam mendukung program pangan lestari dan ekonomi kreatif di satuan.

“Apa yang dilakukan hari ini, diharapkan dapat dijadikan contoh bagi anggota Kodam IV/Diponegoro maupun masyarakat sekitar untuk dikembangkan di lingkungan/daerah masing-masing. Bumi dan alam adalah ibu kandung kita, mari kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita,” imbuh Pangdam.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten