SOLOPOS.COM - Heni Irawati, 47, pedagang pecel tumpang Mbok Jami sibuk melayani pembeli yang antre di depan warungnya di salah satu kios dalam Pasar Bunder Sragen, Kamis (29/6/2017) pagi. (Tri Rahayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SRAGEN – Sambal tumpang merupakan salah satu kuliner khas yang sangat mudah ditemukan di berbagai wilayah di Jawa Tengah, khususnya Sragen, Solo, dan sekitarnya.

Sambal tumpang yang berbahan dasar tahu dan tempe semangit atau tempe yang hampir busuk itu menjadi menu andalan sejumlah warung makan dan PKL di Sragen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu warung makan legendaris yang menjajakan masakan ini berada di Pasar Bunder Sragen, yakni Sambal Tumpanng Mbok Jami. Sambal Tumpang Mbok Jami biasa jadi jujukan pada pedagang pasar atau warga perantauan yang kangen dengan kuliner sambal tumpang.

Baca juga: Top 5 Kuliner Enak & Murah di Boyolali, Cuma Rp10.000-an

Warung sambal tumpang ini terasa istimewa karena pernah dikunjungi oleh Joko Widodo (Jokowi) saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.

Meski sangat terkenal, harga seporsi sambal tumpang di warung makan ini sangat terjangkau. Nasi pecel tumpang biasa dijual dengan harga Rp4.000/bungkus, atau naik jika harga bahan baku mengalami kenaikan. Nasi pecel tumpang plus telur dijual dengan harga Rp7.000/bungkus dan nasi pecel tumpang telur plus tahu Rp8.000/bungkus. Kalau hari biasanya nasi pecel tumpang telur plus tahu hanya Rp7.000/bungkus.

Baca juga: Tragis, Siswi SMK di Brebes Disiram Cairan Misterius Saat COD

Pengelola Warung Sambal Tumpang Mbok Jami Sragen, Heni Irawati kepada Solopos.com pada 2017 lalu mengatakan Para pelanggan berasal dari kalangan pejabat, pengusaha, dan masyarakat umum. Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat masih menjabat Wali Kota Solo, kenang Heni, sering memesan nasi pecel tumpang darinya.

Pecel tumpang Mbok Jami menjadi kelangenan para perantau asal Sragen yang pulang kampung atau mudik saat momentum Lebaran. Heni merupakan generasi keempat dari Mbok Jami yang menciptakan menu masakan sederhana khas Sragen itu.

Baca juga: 5 Kuliner Legendaris & Lezat di Sukoharjo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya