Tutup Iklan

Samai Rekor Pelatih Legendaris, Bisakah Mancini Bawa Italia Juara?

Roberto Mancini merendah kendati menyamai rekor pelatih legendaris Italia Vittorio Pozzo yakni melewati 30 pertandingan beruntun tanpa kekalahan.

 Roberto Mancini. (Reuters)

SOLOPOS.COM - Roberto Mancini. (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA--Roberto Mancini merendah kendati baru saja menyamai rekor pelatih legendaris Italia Vittorio Pozzo yakni melewati 30 pertandingan beruntun tanpa kekalahan.

Rekor tersebut disamai oleh Italia-nya Mancini ketika mereka mengalahkan Wales 1-0 dalam laga pemungkas Grup A Euro 2020 di Roma, Minggu (20/6/2021) waktu setempat atau Senin (21/6/2021) WIB.

Menurut Mancini ia dan timnya belum bisa disandingkan dengan Italia era Pozzo, yang menjuara Piala Dunia dua kali beruntun pada 1934 dan 1938.

Pozzo bahkan merupakan satu-satunya pelatih yang dua kali mengangkat trofi Piala Dunia. Ia juga membawa Italia memenangi medali emas Olimpiade 1936. "Pozzo memenangi banyak trofi penting juga, jadi kami masih teramat jauh dari levelnya," kata Mancini selepas laga dilansir Antaranews dari laman resmi UEFA.

Baca Juga: Pemain PSIS Pratama Arhan Dilirik Kesebelasan Korsel

Dengan kemenangan atas Wales, Mancini kini satu langkah lebih dekat dan menjaga peluang Italia menjuarai Euro 2020, selang setengah abad lebih setelah memenangi turnamen itu pada 1968.

"Semua tim yang lolos ke babak 16 besar bisa menjuarai Euro. Tentu saja kami tidak boleh berpikir bisa memenangi semua pertandingan atau menganggap remeh lawan," ujarnya.

Mancini memang dianggap mampu membangkitkan Italia dari kekecewaan besar gagal tampil di Piala Dunia 2018. Selain memiliki catatan 30 pertandingan nirkalah, Italia juga punya torehan nirbobol dalam 11 laga terakhirnya.

Baca Juga: Nasib Swiss Masih Menggantung Meski Menang 3-1 Atas Turki

Rotasi Pemain

Sebelumnya,  Roberto Mancini  melakukan rotasi besar-besaran ketika mereka menang 1-0 melawan Wales  Delapan pergantian dilakukan Mancini untuk susunan pemain Italia kontra Wales dibandingkan pertandingan sebelumnya, hanya menyisakan kiper Gianluigi Donnarumma, bek tengah Leonardo Bonucci dan gelandang Jorginho.

Menurut Mancini hal itu ditempuhnya untuk memberi kesempatan banyak pemain membuktikan diri bahwa mereka punya kemampuan untuk memperebutkan tempat pilihan utama.

"Semua pemain di tim ini harus membuktikan bahwa mereka adalah pemain pilihan utama," kata Mancini selepas laga dilansir laman resmi UEFA.

"Terlebih dengan fakta bawah kemenangan tidak lah penting, itu semakin menyulitkan dalam hal mengambil pendekatan, tapi kami nyatanya tetap berjuang meraih kemenangan dan ini hasil yang sangat penting," ujarnya menambahkan.

Baca Juga: Kisah Pemuda Sukoharjo, Keliling Indonesia hingga ke KUA Pakai Supra yang Sama

Perjudian itu relatif terbayar, sebab Matteo Pessina --yang masuk skuad akhir menggantikan Stefano Sensi yang cedera-- mencetak gol semata wayang penentu kemenangan.

Mancini mengakui bahwa Italia seharusnya bisa meraih hasil lebih baik lagi, terlebih mereka mendapat keuntungan hanya menghadapi 10 pemain lantaran bek Wales Ethan Ampadu diganjar kartu merah sejak menit ke-55.

"Sangat penting bagi kami bahwa identitas tim tetap sama, walaupun kami mengubah tiga atau empat pemain dalam komposisinya. Mereka semua tahu apa yang harus dilakukan dan hasil akhirnya tidak banyak berubah," ujar Mancini.

Italia akan menanti runner-up Grup B di babak 16 besar, posisi yang masih diperebutkan Ukraina dan Austria.

Berita Terkait

Berita Terkini

Profil Mick Doohan, Legenda Moto GP yang Kagum dengan Sirkuit Mandalika

Inilah profil Mick Doohan, legenda Moto GP yang komentari Sirkuit Mandalika bisa membuat pembalap sulit membedakan antara balapan atau liburan.

Pensiun, Adakah Kesempatan Valentino Rossi Tampil di Sirkuit Mandalika?

Valentino Rossi memutuskan pensiun dari Moto GP pada akhir musim ini. Itu artinya, Rossi akan melewatkan Moto GP di Indonesia yang akan digelar pada musim depan di Sirkuit Mandalika.

Tak Cuma Rossi, Marc Marquez Juga Komentar Soal Balapan di Mandalika

Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan menjadi salah satu tuan rumah Moto GP musim 2022. Sejumlah pembalap top Moto GP turut berkomentar.

Eky Taufik Dedikasikan Gol untuk Suporter Persis Solo

Persis Solo berhasil mengalahkan AHHA PS Pati dua gol tanpa balas dalam laga pembuka Liga 2 di Stadion Manahan pada Minggu (29/9/2021) malam.

Fix! Stadion Manahan Solo Bakal Jadi Venue Liga 1

PT. Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan Stadion Manahan bakal digunakan sebagai lokasi pertandingan Liga 1.

Sindir Atta Halilintar, Gibran: Tetap Putus Asa, Jangan Semangat!

Putra sulung Presiden Jokowi tersebut juga mengajak pengusaha lain untuk ikut andil mengembangkan olah raga nasional. Secara khusus Gibran memberikan pesan kepada Atta sebagai bos AHHA PS Pati.

Mulai Sore Ini, Berikut Jadwal Pertandingan Pekan ke-5 Liga 1

Pekan kelima Liga 1 musim ini akan dimulai. Sejumlah laga menarik bakal tersaji.

Momen Kaesang dan Atta Selfie Usai Persis Solo Vs AHHA PS Pati

Persis Solo berhasil mengalahkan AHHA PS Pati dengan dua gol tanpa balas dalam laga pembuka Liga 2 di Stadion Manahan, Minggu (26/9/2021).

Spesifikasi Sirkuit Mandalika yang Curi Perhatian Rossi

Ini dia spesifikasi lengkap Sirkuit Mandalika yang curi perhatian Valentino Rossi, dari mulai jumlah tikungan hingga lokasinya.

AHHA PS Pati Keok, Atta Halilintar: Persis Solo Tim Terbaik Liga 2

Bos AHHA PS Pati, Atta Halilintar, menyebut Persis Solo sebagai tim terbaik Liga 2 setelah timnya dibekuk pada laga pembuka.

Ditanya Bonus untuk Pemain Persis Solo, Ini Jawaban Kaesang Pangarep

Persis Solo berhasil mengalahkan AHHA PS Pati dengan dua gol tanpa balas dalam laga pembuka Liga 2 di Stadion Manahan pada Minggu (29/9/2021) malam.

Hasil Pekan ke-6 Liga Italia & Klasemen: Napoli Memimpin

Pekan keenam Liga Italia digelar pada akhir pekan kemarin. Sejumlah tim top berhasil memetik kemenangan.

Hasil Pertandingan Liga Inggris & Klasemen: Liverpool di Pucuk

Liga Premier Inggris musim ini telah menyelesaikan pekan keenam. Liverpool menjadi pemuncak klasemen sementara dengan koleksi 14 poin.

Kebangkitan Berlanjut, Arsenal Tundukkan Tottenham Hotspurs 3-1

Kebangkitan Arsenal berlanjut setelah Minggu (26/9/2021) menang 3-1 atas seteru berat satu kota Tottenham Hotspur.

Piala Sudirman 2021: Indonesia Bekuk Rusia, Unggul 3-0 Berkat Minions

Tim Indonesia memastikan memetik kemenangan di laga perdana Piala Sudirman 2021. Hal itu setelah Tim Indonesia mampu unggul 3-0 atas Tim Rusia.