Sama-Sama Punya Kekuatan Petir, Apa Beda Gundala dengan Thor dan The Flash?

Kekuatan utama Gundala berbasis pada petir. Karakter komik karya Harya Suraminata alias Hasmi itu terinspirasi dari Ki Ageng Selo, tokoh legenda yang bisa menangkap petir. 

Sama-Sama Punya Kekuatan Petir, Apa Beda Gundala dengan Thor dan The Flash?

SOLOPOS.COM - Teaser kostum film Gundala. (Istimewa/Twitter)

Solopos.com, JAKARTA – Production Manager BumiLangit Studios, perusahaan hiburan berbasis karakter yang jadi “rumah” untuk Gundala, Imansyah Lubis menuturkan perbedaan yang kentara antara Gundala dan The Flash. Iman menjawab anggapan bahwa Gundala Putra Petir punya penampilan yang mirip dengan pahlawan super The Flash dari DC Comics.

Imansyah mengatakan kekuatan utama Gundala berbasis pada petir. Karakter komik karya Harya Suraminata alias Hasmi itu terinspirasi dari Ki Ageng Selo, tokoh legenda yang bisa menangkap petir. “Dia lightning generator, kalau mau disamakan dengan yang Barat, ada Black Lightning dari DC Comics,” ujar dia dilansir Antara, Jumat (23/8/2019).

Selain kekuatan petir, Gundala punya kekuatan super kedua dari Raja Taifun kerajaan Bayu berupa kemampuan berlari secepat angin topan. Inilah yang kerap dianggap mirip dengan kekuatan The Flash.

Padahal, kecepatan Gundala tak ada apa-apanya dibandingkan The Flash yang kekuatan utamanya adalah kemampuan berpindah tempat dalam waktu super singkat alias “speedster“.

“Kecepatan Gundala itu paling top 300 km per jam, sementara Flash itu bisa menembus waktu. Gundala baru berkedip, Flash sudah bisa mengelilingi bumi beberapa kali,” dia menjelaskan.

Jika bicara soal kemiripan kostum, dia mengatakan rancangan kostum yang mirip merupakan hal lumrah. “Dalam desain kostum, ada banyak sekali kostum superhero dan kalau ada satu atau dua yang mirip itu lumrah, apalagi kalau dilihat sejarahnya superhero sudah ada sejak 1930-an,” kata dia.

Mirip dengan Thor?

Lantas, apakah Gundala bisa disamakan dengan jagoan Marvel Thor yang punya kekuatan petir? Imansyah mengatakan kedua pahlawan super ini serupa tapi tak sama.

Kekuatan petir Thor bersumber dari palu, sementara Gundala tidak mengandalkan alat apa pun. Selain itu, Thor adalah seorang dewa, sedangkan Gundala adalah manusia yang diberi kekuatan lebih besar dari orang lain.

Gundala Putra Petir akan hadir dalam versi layar lebar dalam film garapan Joko Anwar mulai 29 Agustus 2019. Gundala bercerita tentang Sancaka yang hidup di jalanan sejak orang tuanya meninggalkannya.

Menjalani kehidupan yang berat, Sancaka bertahan hidup dengan memikirkan keselamatannya sendiri. Ketika keadaan kota makin buruk dan ketidakadilan berkecamuk di seluruh negara, Sancaka harus memutuskan, apakah dia terus hidup menjaga dirinya sendiri atau bangkit menjadi pahlawan mereka yang tertindas.

Gundala menjadi film patriot pertama dalam Jagat Sinema Bumilangit, yang diproduksi Bumilangit Studios, Screenplay Film, bekerja sama dengan Legacy Pictures dan Ideosource Entertainment.

Berita Terkait

Berita Terkini

Persis Solo Gelar Vaksinasi Suporter, Beragam Tanggapan Pendaftaran Mengemuka

Persis bersama Pemkot Solo berencana menggelar vaksinasi gratis di Stadion Manahan, Solo, 14 Agustus 2021.

Liga 1 Kick-off 20 Agustus, Bhayangkara FC Kelabakan

Bhayangkara hanya memiliki waktu persiapan ulang sangat sempit mengingat para pemain kini masih berada di kampung halaman.

20 Klub Ikuti Sosialisasi Liga 3 Jateng

PSSI Jateng menyampaikan Liga 3 tahun ini rencananya dimulai 2 Oktober 2021.

Sambut Liga 2, Persis Solo Berharap Akhiri Penantian Sejak Maret 2021

Para pemain Persis Solo sudah tak sabar untuk berkompetisi seusai berlatih sejak akhir Maret 2021.

3 DPO MIT Tewas Ditembak Polisi, Salah Satunya Pimpinan

MIT terbagi menjadi dua kelompok dan masing-masing dipimpin oleh Ali Kalora dan Qatar.

Wali Kota Solo Gibran Borong Tiga Penghargaan di SDA 2021

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memborong tiga penghargaan sekaligus dalam gelaran Penghargaan Solopos Digital Award (SDA) 2021.

Awas, Banyak Politikus Ikan Lele Muncul di Era Pandemi

Politisi ikan lele itu adalah politisi yang semakin keruh airnya maka dia semakin menikmati kehidupannya.

Capaian Vaksinasi 100% Jadi Syarat Liga 1 dan Liga 2

Program 100% vaksinasi bagi peserta kompetisi menjadi bagian dari protokol kesehatan yang harus dilaksanakan jelang Liga 1 dan Liga 2.

Dinar Candy Berbikini Bakal Diperiksa Polisi, Kenapa?

Pasal 36 UU Pornografi mengatur soal hukuman bagi mereka yang melakukan eksploitasi seksual di muka umum.

Update Covid-19 Indonesia Hari Ini: Jateng Terbanyak Kasus Positif, Sembuh, dan Pasien Meninggal

Penambahan kasus Covid-19 di Indonesia hari ini paling banyak terjadi di Jawa Tengah dengan 4.169 kasus.

Terkait Prank Rp2 T, Kapolri Kirim Tim Periksa Kapolda Sumsel

Mabes Polri ingin mengetahui peristiwa itu secara jelas dengan mengklarifikasi Irjen Pol Eko Indra Heri.

Kawasan Perbatasan Wonogiri-Sukoharjo Bisa Jadi Simpul Ekonomi dan Pusat Bisnis Baru

Kawasan perbatasan Wonogiri-Sukoharjo yang terletak di Selogiri diyakini bisa menjadi simpul baru perekonomian dan pusat bisnis baru.