SOLOPOS.COM - Ada beberapa perbedaan gas elpiji (LPG) dengan bright gas yang perlu diketahui. (ilustrasi/Antara)

Solopos.com, SOLO — Meski setiap hari memanfaatkan, mungkin ada masyarakat yang belum tahu beda antara yang gas elpiji dengan Bright Gas.

Hampir setiap rumah tangga, selalu membutuhkan gas sebagai bahan bakar kompor untuk memasak. Untuk memenuhi kebutuhan ini, masyarakat dapat memilih Bright Gas atau gas elpiji (LPG) yang keduanya sama-sama produksi PT Pertamina.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelum mengetahui perbedaannya, kita ulas persamaannya gas LPG dan Bright Gas terlebih dahulu.

Selain sama-sama diproduksi oleh Pertamina, baik gas LPG maupun Bright Gas juga sama-sama berisi C3 (propane) dan C4 (butane).

Lantas apa yang membedakan LPG dan Bright Gas? Berikut beberpa perbedaan LPG dengan Bright Gas seperti dirangkum dari beberapa sumber, Senin (8/8/2022):

Baca Juga: Sepertiga Kekuatan Ekonomi RI di Tangan BUMN, Begini Pesan Erick Thohir

1. Ketersediaan Ukuran

Perbedaan LPG dan Bright Gas yang pertama adalah soal ketersediaan ukuran. LPG biasanya disediakan untuk LPG subsidi berukuran 3 kg. Gas Elpiji 3 kg ini biasanya disebut juga dengan gas melon. Sementara itu, ketersedian ukuran Bright Gas lebih variatif yakni dalam ukuran 5,5kg dan 12kg.

2. Keamanan Tabung

Perbedaan kedua adalah terletak pada keamanan tabung. Bright Gas ilengkapi dengan security seal cap atau penutup tabung yang lebih aman, sebab menggunakan teknologi teknologi double spindle dan karet pelindung.

Tabung Bright Gas ini disebut lebih aman dan tahan benturan. Sementara tabung LPG subsidi gas melon kurang aman dan mudah bocor.

3. Harga & Subsidi

Perbedaan berikutnya adalah terkait dengan harga dan subsidi. LPG subsidi berukuran 3 kg atau gas melon, mendapat subsidi dari pemerintah sehingga harganya pun mudah dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat kurang mampu.

Maka dari itu, pada tabung LPG subsidi terdapat tulisan “Hanya untuk Masyarakat Miskin”. Sementara LPG Bright Gas tidak mendapat subsidi dari pemerintah sama sekali. Sehingga berdampak pada harga LPG Bright Gas lebih mahal dari LPG subsidi.

Baca Juga: Permintaan Elpiji 3 Kg di Sragen Melonjak, Diskumindag Lakukan Ini

4. Lebih Hemat

Perbedaan terakhir adalah mengenai keunggulan Bright Gas yang lebih hemat. Kendati harga LPG Bright Gas lebih mahal, dalam penggunaan sehari-harinya Bright Gas dinilai lebih hemat jika dibandingkan dengan LPG subsidi.

Keunggulan LPG Bright Gas yang bisa lebih hemat ini tak lepas dari tingginya kualitas tabung Bright Gas.

Bright Gas dilengkapi teknologi valve ganda yang berfungsi mengurangi tekanan gas berlebih. Hal tersebut membuat Bright Gas dua kali lebih aman dari pada tabung LPG subsidi. Sehingga Bright Gas tak mudah bocor dan bisa lebih hemat.

Nah itulah ulasan tentang perbedaan gas elpiji (LPG) dengan Bright Gas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya