SOLOPOS.COM - Para mahasiswa penerima manfaat Beasiswa Pra Sejahtera Berprestasi (BEST) berfoto bersama tim CSR PTSG dalam dokumentasi kegiatan SG Cerdas Goes to School tahun lalu. (Istimewa-PT Semen Gresik)

Solopos.com, REMBANG — PT Semen Gresik (PTSG) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) SG Cerdas kembali memberikan Beasiswa Prasejahtera Berprestasi (BEST) bagi 20 mahasiswa prasejahtera berprestasi di Kabupaten Rembang.

Senior Manajer Komunikasi dan CSR PTSG Dharma Sunyata menyampaikan, ini adalah bentuk kontribusi perusahaan kepada mahasiswa berprestasi dari keluarga prasejahtera di Kabupaten Rembang. Sehingga mendorong semangat belajar serta menjadi inspirator untuk kolaborasi bersama Semen Gresik dalam keberlangsungan program.

Promosi Telkom dan Scala Jepang Dorong Inovasi Pertanian demi Keberlanjutan Pangan

“Pemberian beasiswa ini adalah bagian dari program CSR PTSG dalam bidang pendidikan, juga merupakan komitmen SIG Group, Induk Perusahaan PTSG. Diberikan kepada mahasiswa prasejahtera di seluruh wilayah operasional perusahaan,” kata Dharma dalam siaran persnya, Rabu (9/3/2022). Penyerahan beasiswa dilakukan oleh jajaran manajemen PTSG.

Baca juga: Lebihi Target, Skor GCG Semen Gresik Terkualifikasi Sangat Baik

Kegiatan ini, lanjut Dharma, juga sebagai bentuk nyata perusahaan sebagai agen perubahan sosial. Yakni berperan aktif mendukung Pemerintah dalam pembangunan berkelanjutan di era Sustainable Development Goals (SDGs) melalui peningkatan kualitas pendidikan.

Program BEST untuk mahasiswa, menurutnya, adalah agenda tahunan PT Semen Gresik yang sudah berlangsung sejak 2018. Parameter yang digunakan sebagai dasar seleksi, meliputi mahasiswa berstatus warga asli Rembang, menjalani kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) dengan IPK minimal 3,2. Serta memenuhi syarat yang distandarkan oleh tim seleksi terdiri dari konsultan dan pakar pendidikan.

Peminat program BEST 2022, tambah Dharma, mencapai 61 mahasiswa semester 2, 4, dan 6 dari berbagai PTN ternama di Indonesia. Dari puluhan pendaftar tersebut, telah terjaring 20 mahasiswa yang memenuhi persyaratan yang ditentukan tim seleksi.

Semen Gresik
Interaksi dan diskusi antar penerima beasiswa BEST bersama tim CSR PTSG pada kegiatan SG Cerdas Goes to School. (Istimewa-PT Semen Gresik)

Baca juga: Rumah BUMN Semen Gresik Ajak 10 UMKM Rembang Benchmarking ke Jogja

Para mahasiswa penerima beasiswa tersebut saat ini tengah menempuh pendidikan di Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Negeri Semarang (Unnes). Lalu di Universitas Negeri Malang (UM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), UIN Walisongo, Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Brawijaya (UB), dan IAIN Kudus.

“Program beasiswa ini merupakan progam tahunan. Mahasiswa menerima satu tahun satu kali dengan tujuan men-support kebutuhan dalam keberlangsungan kuliah. Nominal beasiswa yang diberikan sebesar Rp8 juta untuk masing-masing mahasiswa,” tandas Dharma.

Dharma berharap, melalui program beasiswa ini mampu mendorong terciptanya peningkatan kualitas pendidikan. Serta mencetak lulusan yang punya integritas tinggi, berwawasan kebangsaan, dan mempunyai kompetensi untuk menjadi pemimpin di masa depan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya