SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO: Meski pihak PT SCI sudah menyepakati tuntutan warga Tambak, Desa Triharjo untuk menata ulang pembuangan limbahnya, namun limbah cair dari pabrik produsen rambut palsu tersebut tetap keluar di saluran milik warga.

”[limbah cair] Ini sangat bau,” ujar Wasiyan, Kepala Dukuh IV, Tambak, Desa Triharjo Kecamatan Wates, Selasa (21/6).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dirinya dan beberapa warga sudah mendatangi Balai Desa Triharjo untuk membicarakan bocornya cairan limbah tersebut pada Senin (20/6) lalu. Ia beserta empat orang warga juga sudah mendatangi PT SCI untuk melihat langsung sistim saluran pembuangan limbah pabrik tersebut.

Berdasarkan laporan warga, kata Wasiyan, memang terjadi kebocoran di salah satu titik yang terletak di sisi sebelah barat pabrik tersebut. Selain itu, beberapa warganya juga melaporkan adanya aroma tidak sedap yang keluar dari cairan limbah di saluran pembuangan utama. ”Setidaknya, saya hanya menindaklanjuti laporan dari warga,” ucapnya.

Kepala Desa Triharjo Wadiyo saat dikonfirmasi mengatakan, dirinya akan tetap berada di pihak warga. ”Saya tetap akan dukung apa yang dilaporkan warga,” tegasnya.

Manajer PT SCI, Cho Han Hyun saat ditemui warga kembali menegaskan jika pihaknya memang telah menuruti semua kemauan warga.(Harian Jogja/Arief Juniato)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya