Karyawan Saloka Theme Park membagikan brosur kepada warga saat acara Pit-pitan HUT ke-73 Bhayangkara di booth di area Stadion Sriwedari Solo, Minggu (7/7/2019). (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Saloka Theme Park merupakan taman rekreasi keluarga terbesar di Jawa Tengah yang menghadirkan 25 wahana wisata menarik di Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Berbeda dengan taman rekreasi lainnya di Indonesia yang menamakan wahananya dengan bahasa Inggris, Saloka justru menamakan berbagai wahana dan taman-taman tematik dengan bahasa Jawa yang erat dengan budaya dan sejarah masyarakat setempat.

Marketing Manager Saloka, Theme Park, Jodie Senoatmojo, saat ditemui solopos.com di sela-sela kegiatan timnya di Kota Solo, Minggu (7/7/2019) pagi, mengatakan penamaan Saloka Theme Park diambil dari nama Ki Hajar Salokantara yang merupakan ayah dari Baru Klinting, tokoh legenda di Rawa Pening, Kabupaten Semarang.

Cerita sejarah itu turut tersaji saat para wisatawan mengunjungi taman seluas 12 hektare itu. Saloka Theme Park terbagi dalam lima zona yakni Pesisir, Segara Prada, Ararya, Kamayayi, dan Balalantar.

Jodie Senoatmojo mengatakan sebuah pertunjukan terbaru bernama Baru Klinting Show yang merupakan pertunjukan 3D animasi dan laser show dengan layar air ditampilkan setiap pukul 19.00 WIB.

Hal itu merupakan upaya untuk merawat cerita-cerita rakyat yang melekat di masyarakat. Sehingga, tidak hanya masyarakat setempat saja yang mengetahui kisah danau alam seluas 2.670 hektare itu.

Ia menambahkan para wisatawan sangat tertarik dengan seluruh wahana seperti wahana air Gonjang Ganjing, Jamur Apung, dan Semprat-Semprot. Wahana yang paling terkenal yakni Kumbang Layang, Cakrawala, Bengak-Bengok, Pakubumi, dan Gonjang-Ganjing.

“Cukup dengan membayar Rp120.000 pada hari biasa dan Rp150.000 saat akhir pekan dan libur nasioal, pengunjung dapat bermain sepuasnya di seluruh wahana, kalau perlu sebuah wahana diulang-ulang tidak apa-apa,” ujar Jodie.

Menurutnya, lokasi Saloka Theme Park yang berada di Tuntang, Kabupaten Semarang, membuat taman bermain yang telah menggelar grand opening pada Sabtu (22/6/2019) mudah diakses dari berbagai kota-kota lain.

Dari Kota Solo ke saloka hanya cukup menempuh perjalanan darat sekitar satu jam melalui tol. Sedangkan dari Kota Jogja hanya 2,5 jam dan dari Kota Semarang hanya 40 menit. Sementara itu, apabila menggunakan transportasi umum dapat ditempuh dengan kereta api atau pesawat.

Pengunjung Saloka Theme Park sejak dibuka hingga kini mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan, wisatawan dari luar Jawa Tengah sudah menunjukkan tren peningkatan berwisata ke Saloka Theme Park. 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten