Tutup Iklan

Saloka Theme Park Beroperasi Penuh, Begini Harapan Menteri Pariwisata…

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Taman rekreasi keluarga, Saloka Theme Park, telah beroperasi secara penuh. Grand opening taman rekreasi yang diklaim terbesar dan terlengkap di Jawa Tengah (Jateng) itu digelar Sabtu (22/6/2019).

Sederet pertunjukkan memeriahkan acara pembukaan taman yang berdiri di atas lahan seluas 12 hektare itu. Mulai dari penampilan pendangdut Via Vallen, band asal Jogja, The Rain, hingga pertunjukkan kesenian khas setempat, Drumblek.

Tak ketinggalan Menteri Pariwisata, Arief Yahya, juga turut hadir meresmikan pembukaan taman rekreasi yang terletak di Jl. Fatmawati No. 154, Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang itu.

Arief berharap hadirnya Saloka mampu memberikan gairah baru bagi industri pariwisata. Bukan hanya di Jateng, namun juga tetangganya, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menteri Pariwisata, Arief Yahya (kedua dari kiri) saat menghadiri jumpa pers Saloka Theme Park di Jl. Fatmawati No. 154, Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang, Sabtu (22/6/2019). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

“Jateng dan DIY ini kan selama ini kita gabung menjadi wilayah Joglosemar. Selama ini, length of stay [masa tinggal] wisatawan di Jateng dan DIY ini rata-rata hanya 2 hari. Padahal nasional sudah 7 hari. Mari kita usahakan agar mereka [wisatawan] bisa tinggal lebih lama,” ujar Arief saat sesi jumpa pers di sela acara Grand Opening Saloka.

Arief sangat yakin Saloka akan menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Jateng. Apalagi, saat ini di Jateng sangat minim wisata yang menampilkan atraksi buatan.

“Saat ini wisatawan itu punya ketertarikan terhadap atraksi. Pertama alam, kedua budaya, dan ketiga buatan. Nah, atraksi buatan ini peminatnya cukup tinggi sekitar 5% lebih. Di Jatim contohnya yang punya Jatim Park, demand-nya sangat tinggi. Saya harap di sini juga. Terutama untuk pasar domestik,” imbuh Arief.

Kendati demikian, Arief meminta pengelola Saloka untuk kembali mengkaji harga tiket masuk yang dinilai cukup tinggi bagi warga sekitar. Tiket masuk di Saloka Theme Park dibanderol Rp120.000 untuk hari biasa atau weekday dan Rp150.000 untuk weekend.

“Coba dilakukan modifikasi. Bisa nanti kompensasinya dengan event yang lain, seperti culinary, fashion, dan craft. Poin saya akan lebih banyak orang yang menyukai dan datang,” imbuhnya.

Terpisah, Marketing Manager Saloka Theme Park, Jodie Senoatmojo, menilai tarif yang dibanderol pihaknya sudah cukup terjangkau. Apalagi, dengan harga tiket sebesar itu pengunjung sudah bisa merasakan sensasi seluruh wahana yang disajikan di Saloka Theme Park.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Berita Terkait

Espos Premium

#Bangkit Bersama: Dari Solo untuk Indonesia

#Bangkit Bersama: Dari Solo untuk Indonesia

Beda dengan tahun lalu, saat perjalanan bisnisnya gelagepan. Seperti terkena virus corona bergejala berat. Kesulitan bernapas, seperti orang berenang mau tenggelam. Tapi tahun ini ceritanya lain.

Berita Terkini

Diet dengan Minum Air Putih, Aman Bagi Kesehatan?

Tidak sedikit orang melakukan diet dengan cara minum air putih, namun apakah itu aman bagi kesehatan?

Penting Banget, Percepatan Layanan Deteksi HIV pada Ibu Hamil

Penularan HIV bisa terjadi dari ibu ke anak selama masa kehamilan, persalinan, dan menyusui.

Doa Supaya Lancar Menagih Utang dan Biar Cepat Dilunasi Menurut Islam

Berikut ini terdapat doa supaya lancar menagih utang menurut ajaran Islam biar cepat dilunasi oleh pengutang.

Paling Rentan, Ada 2 Pasien Tuberkulosis-HIV di Wonogiri

Pasien TB-HIV bisa ditangani di Perawatan Dukungan Pengobatan (PDP) melalui 13 puskesmas dan empat rumah sakit di Wonogiri.

UMK Naik Tipis, Ibu Buruh Pabrik di Solo Rela Nyambi Bersihkan Makam

Seorang ibu yang juga buruh pabrik di Solo harus memutar otak supaya penghasilan selama sebulan cukup untuk menutup kebutuhan sehari-hari, salah satunya rela membersihkan makan demi dapat penghasilan tambahan.

Belum Vaksinasi, Sejumlah ODHA di Wonogiri Tak Siap Ditanya Petugas

Sejumlah ODHA yang belum divaksinasi disebabkan belum siap menyampaikan riwayat penyakitnya kepada petugas.

Selamatkan Produksi Kakao, Indonesia Perlu Kemitraan & Industri Kreatif

Pola kemitraan dan penumbuhan industri kreatif olahan biji kakao berpotensi menyelamatkan produksi kakao Indonesia.

Kreatif! PKK Klaten Bikin Video untuk Kampanyekan Vaksin

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Klaten membuat video kreatif untuk mengedukasi warga terkait pentingnya vaksin.

Perhatikan 5 Kriteria Ini Harus Ada pada Perawat Orang Lansia

Mencari perawat yang cocok dan tepat untuk orang lansia memang tidak selalu mudah.

Seruduk Truk Tronton Parkir di Jalan Solo-Sragen, Bodi Truk Ini Ringsek

Sebuah truk ringsek setelah menyeruduk truk tronton boks yang parkir di jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan Warung You Sri, Dukuh Nguwer RT 017, Desa Duyungan, Sidoharjo, Sragen.

Lirik Lagu Ungkapan Hati - Aurel Hermansyah

Berikut ini lirik lagu Ungkapan Hati dari Aurel Hermansyah, yang telah tayang pada Minggu, 21 November 2021 di Youtube.

Hari Ini Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik Boyolali Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Boyolali hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik di Sragen Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Harta Karun Ribuan Koin Perak Kuno Ditemukan di Sungai Jerman

Tumpukan 5.600 koin perak dari Kekaisaran Romawi yang diperkirakan berusia hampir 2.000 tahun telah ditemukan di Jerman.

Aplikasi SIRUP Dongkrak Lelang Pengadaan Barang dan Jasa Sukoharjo

Sebanyak 93 persen paket pengadaan barang dan jasa Pemkab Sukoharjo sudah terlelang berkat aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan atau SIRUP.

Bekuk Watford, Chelsea Tetap Puncaki Klasemen Liga Inggris

Chelsea sukses mempertahankan posisi puncak klasemen sementara Liga Premier Inggris setelah mengalahkan Watford.