Tutup Iklan

Saloka Masuk Daftar Pesona Indonesia dan IAAPA

Saloka Theme Park, taman rekreasi keluarga yang baru diresmikan Sabtu (22/6/2019), masuk dalam daftar destinasi wisata Pesona Indonesia di kawasan Yogyakarta, Solo, dan Semarang atau Joglosemar.

Saloka Masuk Daftar Pesona Indonesia dan IAAPA

SOLOPOS.COM - Suasana taman rekreasi Saloka Theme Park. (Semarangpos.com/Marketing Communication Saloka Theme Park)

Solopos.com, SEMARANG — Saloka Theme Park, taman rekreasi keluarga yang baru diresmikan Sabtu (22/6/2019), masuk dalam daftar destinasi wisata Pesona Indonesia di kawasan Yogyakarta, Solo, dan Semarang atau Joglosemar.

Tak hanya itu, taman wisata yang terletak di Jl. Fatmawati No. 154, Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) itu juga telah terdaftar dalam International Association of Amusement Parks and Attractions (IAAPA), sebuah organisasi yang membawahi asosiasi taman wisata di dunia dan bermarkas di Amerika Serikat.

CEO Saloka Theme Park, David Santoso Prasetyo, mengatakan masuknya Saloka dalam daftar destinasi wisata Pesona Indonesia disampaikan langsung Menteri Pariwisata, Arief Yahya, saat meresmikan taman wisata tersebut.

“Menjadi anggota Pesona Indonesia awalnya menjadi angan-angan karena proses birokrasi daerah yang tidak mudah. Tapi, ketika Pak Menteri [Arief Yahya] datang mengunjungi Saloka, gayung bersambut. Pak Menteri justru yang mengklaim bahwa Saloka layak menjadi destinasi wisata nasional dan merekomendasikan masuk anggota Pesona Indonesia,” kata David dalam keterangan resmi, Kamis (27/6/2019).

David berharap masuknya Saloka ke dalam daftar destinasi wisata Pesona Indonesia mampu menjadi pemacu agar lebih dikenal masyarakat, tak hanya Jateng tapi juga secara nasional.

Suasana taman rekreasi Saloka Theme Park. (Semarangpos.com/Marketing Communication Saloka Theme Park)

Sementara itu, masuknya Saloka dalam keanggotan IAAPA menurut David menjadi keuntungan. Dengan masuk sebagai anggota IAAPA, Saloka bisa mengikuti perkembangan standar taman hiburan tematik dari seluruh dunia, baik dari aspek pelayanan, keamanan, hingga inovasi teknologi untuk wahana permainan.

“Untuk aspek safety, kami juga sudah mendapatkan sertifikat seminar atas nama pribadi,” ujarnya.

Kendati masuk dalam daftar Pesona Indonesia dan IAAPA, Saloka tidak akan menaikan target pengunjung. Saloka tetap membidik 1 juta pengunjung per tahun, dengan perincian 1.000 pengunjung per hari saat low season dan 3.000 pengunjung per hari pada high season.

Sementara itu, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, menaruh harapan besar dengan dibukanya Saloka sebagai taman rekreasi tematik pertama dan terbesar di Jateng. Hadirnya Saloka akan menambah daftar destina wisata di kawasan Joglosemar yang diproyeksikan menjadi kawasan pariwisata kelas dunia.

Untuk menjadi kawasan wisata dunia yang terdaftar dalam United Nations Educational, Scientifi, and Cultural Organization (UNESCO), Jateng baru memiliki Candi Borobudur. Sementara, kawasan Kota Lama Semarang masih dalam tahap sertifikasi.

“Kalau kita tidak disertifikasi UNESCO, maka akan susah jadi destinasi utama wisata kelas dunia. Dengan adanya Saloka ini akan menambah destinasi wisata yang ada di sini, karena kalau cuma dua tidak cukup [Borobudur dan Kota Lama],” ujar Arief.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar

Ngeri! Tabrak Pikap Pengendara Motor Tewas Terlindas Tronton

Kecelakaan itu terjadi antara pengendara sepeda motor Honda Vario dengan mobil Grand Max pikap dan truk tronton

Waduh! Stok Oksigen Menipis, RSUD Sragen Ketir-Ketir

RSUD dr Soehadi Prijonegoro Sragen dibuat ketir-ketir dengan kondisi stok oksigen untuk pasien Covid-19 yang menipis.

8 Vaksin & Obat Covid-19 Ini Paling Laris

Bagi kaum skeptis, datangnya pandemi virus corona berati kesempatan bagi para penyedia obat-obatan dan vaksin pencegah Covid-19.

Target Vaksinasi Covid-19 di Jepang Terlampaui, Ini Kiatnya…

Jepang menuntaskan target vaksinasi Covid-19 melalui kerja keras memenuhi target, yakni mewujudkan sampai satu juta dosis vaksin setiap hari. 

Parah! Mau Diberi Masker, Pria Kulonprogo Malah Memukul Polisi

WW, 46 tahun warga Kulonprogo ditangkap setelah memukul Kanit Binmas Polsek Pandak, Ipda Tetepana yang hendak memberinya masker.

Tuan Rumah Liga 2: Sriwijaya FC Berencana Mundur, Persis di Atas Angin

Jika Sriwijaya FC benar-benar mundur, tinggal enam klub yang mengajukan markasnya sebagai tuan rumah babak awal Liga 2.