Salatiga Raih WTP Kali Keempat Secara Beruntun
Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, menunjukkan plakat opini WTP dari Kementerian Keuangan di rumah dinasnya, Kota Salatiga, Kamis (5/11/2020). (Semarangpos.com/Humas Setda Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA -- Pemerintah Kota atau Pemkot Salatiga meraih capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada Laporan Keuangan Tahun 2019. Capaian ini merupakan kali keempat secara beruntun yang diperoleh Pemkot Salatiga.

Penghargaan WTP Laporan Keuangan 2019 dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini diterima Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, di Rumah Dinas Wali Kota Salatiga, Kamis (5/11/2020).

Menurut Yuliyanto opini Wajar Tanpa Pengecualian itu menunjukkan kinerja Pemkot Salatiga yang taat asas, aturan, dan good goverment.

“Penghargaan WTP keempat ini merupakan bonus dari keseriusan semua OPD [organisasi perangkat daerah] yang terlibat terkait pengelolaan akuntasi dan aset secara baik dan benar. Pencapaian ini harus terus kita pertahankan,” ujar Yuliyanto di rumah dinasnya, Kamis.

Mantap! Kasus Covid-19 di Kota Salatiga Alami Penurunan

Bahkan Yuliyanto menilai bukanlah sesuatu yang mudah untuk mempertahankan opini WTP tersebut. Karena pencapaian tersebut sulit jika tida disertai komitmen dan konsistensi tinggi.

“Karena itu, saya mengajak seluruh aparatur sipil negara [ASN] Pemkot Salatiga untuk membiasakan diri selalu tertib dalam tata laksana akuntansi di setiap OPD,” imbuhnya.

Status Gunung Merapi Naik ke Siaga, Objek Wisata hingga Tambang Ditutup Sementara

Harus Dipertahankan

Yuliyanto berharap momen penyerahan apresiasi WTP itu bisa menjadi agenda tahunan. Oleh karenanya, prestasi itu harus dipertahankan dengan kinerja yang baik dari seluruh ASN.

Sementara itu, Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A1 Semarang II, Jumiarsih, mengatakan WTP Laporan Keuangan 2019 itu sebenarnya sudah diserahkan secara simbolis Menkeu, Sri Mulyani, pada acara Rakor Akuntansi Nasional, 22 September lalu secara virtual.

Hasil Pilpres AS: Joe Biden Diprediksi Menang, Ini Tanda-Tandanya

Saat acara itu, lanjut Jumiarsih, Menkeu mengaku sangat mengapresiasi capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian itu. Terlebih, Salatiga masuk dalam satu di antara kabupaten/kota di Indonesia yang meraih WTP.

“WTP merupakan penghargaan paling tinggi yang diberikan Menteri Keuangan. Diharapkan bisa kembali diraih pada tahun berikutnya, atau lima tahun beruntun. Dengan demikian, Salatiga tak hanya mendapat penghargaan opini WTP, tapi juga plakat Menkeu,” ujarnya.

 

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom